cnbc-indonesia.com – Jerawat memang identik dengan pemilik kulit berminyak. Namun, tahukah kamu bahwa jerawat juga bisa terjadi pada pemilik kulit kering ?

Bahkan, jerawat pada kulit kering bisa lebih sukar ditangani.

Pasalnya, kebanyakan produk untuk mengobati dan mencegah jerawat dibuat dengan formula khusus untuk mereka yang memiliki kulit berminyak.

Menurut dokter kulit bersertifikat Morgan Rabach, jerawat pada kulit kering biasanya hanya terjadi di zona-T, yaitu area dahi, hidung, dan dagu yang biasanya lebih berminyak dibanding area kulit lainnya.

Sementara itu, dokter kulit Dendy Engelman, menambahkan, jerawat pada kulit kering bisa terjadi karena pemilik kulit kering tak memiliki cukup lipid, kolesterol, dan ceramide.

Akibatnya, kulit lebih mudah pecah-pecah dan mengelupas, yang membuatnya lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur karena penghalang kulit tidak cukup kuat.

Karena itulah, mengatasi jerawat pada kulit kering memiliki trik khusus, seperti berikut ini.

  • Spot treatment

Cara pertama untuk mengobati jerawat pada kulit kering adalah dengan spot treatment.

Spot treatment ini dapat memasukkan bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoil peroksida dengan dosis yang kuat langsung jerawat yang mengganggu.

Namun, obat satu ini tidak akan mengeringkan area kulit sekitarnya.

Engelman pun merekomendasikan agar kita menggunakan spot treatment ini sesuai kebutuhan sambil tetap menjaga rutinitas membersihkan, merawat, dan melembapkan wajah.

Rabach pun menambahkan, jika kita menggunakan spot treatment berbahan dasar benzoil peroksida, gunakanlah produk dengan konsentrasi benzoil peroksida sebanyak satu hingga 2,5 persen.

Menurut dia, penelitian menunjukkan, benzoil peroksida dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi yang tidak akan mengurangi jerawat.

  • Oral

Nilai plus dari mengobati jerawat pada kulit kering dengan obat oral (minum) adalah kulit dapat terhindar dari potensi makin mengeringnya kulit akibat pemakaian produk topikal.

Rabach pun merekomendasikan Spironolactone sebagai obat jerawat oral yang layak dicoba.

Menurutnya, obat ini akan bekerjsa sangat baik dengan perempuan yang memiliki jerawat hormonal, seperti jerawat batu di area rahang.

  • Antibiotik

Cara mengatasi jerawat pada kulit kering yang terakhir adalah dengan pemberian obat antibiotik seperti doxycycline atau minocycline, yang dapat membasmi P. acne, alias bakteri utama penyebab jerawat.

Selain itu, obat antibiotik ini dapat mengurangi peradangan pada jerawat merah yang menyakitkan.

Bahkan seperti Spironolactone, obat jerawat antibiotik dapat membantu mengurangi kebutuhan pemakaian obat topikal.