Waspada, 5 Barang Ini Kerap jadi Pancingan Penipu Social Engineering

Waspada, 5 Barang Ini Kerap jadi Pancingan Penipu Social Engineering

cnbc-indonesia.com – PT Bank Central Asia Tbk ( BCA ) mengungkapkan lima barang yang paling banyak ditawarkan dalam penipuan jual-beli online dengan modus social engineering ( soceng ).

Executive Vice President Center of Digital BCA Wani Sabu mengatakan, para penipu soceng paling banyak menjual handphone, baju, mobil, tas, dan motor.

Dia bilang, jenis barang yang digunakan sebagai umpan untuk penipuan social engineering ini tergantung pada barang apa yang sedang tren saat itu.

“Kalau sekarang jualan apa yang paling banyak penipuannya? Peringkat pertama adalah HP, mungkin iPhone lagi keluarin iPhone 14 ya. Kedua, baju fashion mungkin karena mau lebaran banyak yang mau beli baju jadi penipuan belanja-belanja baju juga. Mobil, kan mau mudik perlu mobil baru dong. Kemudian tas dan motor,” ujarnya dalam acara Prima Talk di Brewerkz Senayan City, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Sementara itu, kata Wani, tahun lalu tas bermerek menempati posisi pertama yang terbanyak dijual oleh penipu dengan modus soceng.

Pasalnya, selama pandemi Covid-19 banyak ibu-ibu yang tidak bisa belanja tas bermerek di luar negeri karena ada kebijakan pembatasan perjalanan.

“Padahal menurut ibu-ibu sosialita kita perlu ganti tas merk nih tapi kita gak bisa ke luar negeri. Makanya banyak yang tertipu dengan jualan tas merek,” ucapnya.

Kemudian penipuan social engineering dengan modus arisan online menempati posisi kedua di tahun lalu. Modus penipuan soceng ini paling banyak dialami oleh ibu-ibu di Jawa Barat.

“Pas saya tanya kenapa bu bisa tertipu? Iya, abisan testimoninya bagus-bagus. Padahal (yang memberikan) testimoninya kan penjahatnya juga,” jelasnya.

Dia menambahkan, padahal peserta yang ikut arisan online ini sebagian besar merupakan sindikat penipu agar calon korban dapat terpancing untuk ikut arisan online bodong.

“Padahal di dalam arisan online 100 orang paling yang benaran (calon korban) 3 orang, sisanya itu adalah sindikatnya,” tukasnya.

Ibu-ibu Paling Banyak Jadi Korban Penipuan

Wani mengungkapkan, ibu-ibu usia 21-35 tahun menjadi golongan yang paling sering terkena modus penipuan online.

Mayoritas modus soceng yang paling banyak menjerat ibu-ibu ialah penawaran jual-beli online dengan harga yang murah.

“Siapa sih yang paling banyak kena tipu? Ternyata yang sering ketipu jual-beli online itu ibu-ibu, ibu-ibu usia 21-35 tahun,” kata Wani.

Kemudian posisi yang kedua ialah golongan bapak-bapak usia 36-50 tahun. Golongan ini paling banyak terjebak dalam modus penipuan soceng BCA Prioritas.

“Kemudian ternyata yang penipuan upgrade BCA Prioritas dengan Rp 10 juta bisa dapat prioritas ternyata yang ketipu siapa? Bapak-bapak umur 36-50 tahun. Mungkin (usia segitu) lagi pengen jadi sultan,” ucapnya.

Seperti diketahui, beberapa wkatu lalu sempat marak iklan tawaran untuk menjadi nasabah BCA Prioritas di media sosial.

Iklan penipuan tersebut menyebut nasabah bisa menjadi BCA Prioritas jika memiliki saldo mengendap Rp 10 juta pada tabungan/giro dan memiliki mobile banking BCA.

Untuk mengambil tawaran palsu itu, nasabah akan diarahkan ke sebuah situs yang mewajibkan mereka mengisi formulir dengan data pribadi nasabah. Data pribadi inilah yang digunakan pelaku untuk menguras saldo rekening nasabah BCA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

error: Content is protected !!