Upaya Ninja Xpress Bantu UKM Kembangkan Bisnis

Kondisi perekonomian makro yang masih dibayangi ketidakpastian memicu inflasi di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Tren ini memengaruhi ketahanan UKM dalam berbisnis. Memahami hal ini, Ninja Xpress aktif membantu UKM agar merdeka dalam berbisnis sehingga mampu beradaptasi terhadap segala perubahan.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress mengatakan, UKM harus merdeka dalam berbisnis karena merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Maka dari itu diperlukan upaya-upaya percepatan agar mereka dapat mengelola bisnis dan pemasaran dengan lebih baik lagi.

“Dalam bulan kemerdekaan Indonesia ini, kami ingin memotivasi para UKM untuk merdeka dan bangkit dari dampak pandemi. Tidak hanya bertahan tapi shipper dapat memberi manfaat bagi yang lain. Kami berkomitmen untuk terus mendampingi mereka dengan menyediakan layanan logistik yang bernilai tambah sehingga membebaskan shipper dari segala kerumitan melakukan promosi bisnis,” ujarnya dalam virtual media gathering, Senin (29/08/2022).

Adapun upaya percepatan yang dilakukan Ninja Xpress di antaranya melalui Creative Hub, tempat UKM bisa melakukan foto dan video produk secara profesional bersama model dan makeup artist, dukungan iklan offline dan online agar UKM dapat beriklan lebih maksimal di media dan lokasi yang strategis, kolaborasi bersama para influencer/KOL, penyelenggaraan events, hingga layanan manajemen konten media sosial.

“Kami tidakhanya sebagai jasa logistik, tetapi juga support system agar mereka memperoleh kebebasan berbisnis melalui program-program nilai tambah seperti pinjaman modal, creative hub, digital marketing, hingga layanan purna jual yang responsif dan resolusi yang tepat,” ucap Andi.

Salah satu shipper Ninja Xpress di Jakarta Barat, Greenville Farm misalnya, memanfaatkan fasilitas Creative Hub untuk pengambilan foto dan video produk sayuran. Bobby Agus, brand owner Greenville Farm menyampaikan, pihaknya mendapat angle konten yang berbeda dan lebih bervariasi serta dapat menghemat biaya karena tidak perlu lagi menyediakan model, make up, dan peralatan sendiri.

“Dengan tersedianya konten foto dan video yang lebih berkualitas, Greenville mampu meningkatkan penjualannya di toko online sebesar 40%. Ninja Xpress juga membebaskan kami dari kerumitan pengiriman melalui layanan pengiriman same day sehingga kami dapat berkonsentrasi mengembangkan bisnis,” lanjutnya.

Baca Juga: Permudah UKM, Ninja Xpress Tingkatkan Frekuensi Pencairan COD

Di sisi lain untuk menjangkau peserta yang tersebar di seluruh Indonesia, PT Media Indotama Expo menggandeng Ninja Xpress untuk membantu proses pengiriman dokumen, buku pelatihan, dan sertifikat fisik kepada seluruh peserta seminar.

Selain bantuan logistik, Riyan Adiputra Sabri, CMO Media Indotama Expo mengungkapkan, pihaknya juga mendapat bantuan pemasaran melalui fasilitas videotron di Bogor dan Bandung serta publikasi media. “Ini sangat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Media Indotama Expo.”

Keberhasilan penjualan lewat pengiriman produk juga dirasakan oleh Heekea. UKM yang menjual produk herbal ini mayoritas pelanggannya memilih sistem COD. Syaiha brand owner Heekea (Mitra SCM) menambahkan, dua jasa pengiriman yang dapat melakukan COD sebelumnya tidak memberikan cashback dan tingkat return to sender (RTS) yang tinggi.

“Setelah menggunakan Ninja Xpress tingkat RTS jauh berkurang dan hasil COD juga dapat dicairkan setiap hari. Bahkan kami mendapat penggantian paket yang hilang,” jelas dia.

Ardi Wibowo, Pemilik Bintang Alif Nusantara (BAN) mengatakan, Ninja Xpress memberikan data yang cepat setiap hari jika ada paket yang mengalami kendala dalam pengiriman. “Karena sangat responsif, customer service kami dapat dengan cepat menginformasikan status pengiriman kepada konsumen. Dengan cara ini membantu BAN menjaga hubungan lebih baik dengan pelanggan.”

Menurut Subarkah Dwipayana, Head of Trade Marketing, Ninja Xpress mencoba datang dengan solusi atas masalah atau kendala dari shipper. Untuk itu banyak program yang telah dikeluarkan agar produk UKM bisa dikenal dan mempunyai promosi yang cukup baik.

“Dari keempat shipper tersebut ada transformasi luar biasa yang dilakukan, ada yang tadinya offline menjadi online, ada yang berubah dari bisnis sport center ke tanaman hidroponik. Semua itu dilakukan pasti dengan tujuan menjadi yang terbaik dan mencari peluang di masa pandemi,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.