UKP Mardiono harap investasi Singapura perkuat ketahanan pangan RI

UKP Mardiono harap investasi Singapura perkuat ketahanan pangan RI

cnbc-indonesia.com – Utusan Khusus Presiden RI Joko WidodoMuhamad Mardionomengharapkaninvestasi dari Singapura dapat lebih banyak mengalir ke sektor-sektor yang dapat memperkuat ketahanan pangan Indonesia, seperti tanaman pangan, peternakan, dan perikanan.

Mardiono saat melakukan pertemuan dengan Menteri Senior Singapura Teo Chee Hean di Jakarta, Selasa, mengatakan penanaman modal asing (PMA) Singapura selama ini lebih banyak masuk ke sektor perkebunan terutama kepala sawit.

“Kami melihat masih terdapat gap (kesenjangan) distribusi sektoral dan gap distribusi kewilayahan PMA dari Singapura. Gap distribusi sektoral terjadi pada sektor perkebunan terutama kelapa sawit yang lebih dominan dibandingkan dengan investasi pada sektor pertanian lainnya seperti tanaman pangan, peternakan, dan perikanan,” kata Utusan Khusus Presiden (UKP) RI Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan itu.

Mardiono merinci masih terdapat dua kesenjangan distribusi investasi dari Singapura yakni terkait sektoral dan kewilayahan.

Terkait sektoral, dia menyebut investasi Singapura lebih dominan untuk kelapa sawit. Padahal, kata dia, sektor tanaman pangan, peternakan, dan perikanan merupakan sumber daya ekonomi penting untuk menghadapi ancaman kelangkaan dan kerawanan pangan di masa depan.

“Ketiga sektor ini juga yang paling dekat dengan ekonomi wilayah perdesaan dan tidak kalah potensi dan nilai tambah yang dapat dibangkitkan,”kata dia.

Sedangkan, terkait kesenjangan distribusi investasi terkait kewilayahan, Mardiono mengatakan terdapat pertumbuhan nilai PMA yang besar dari Singapura, seperti di Provinsi Sulawesi Tengah selama tiga tahun terakhir.

Namun, aliran investasi masuk yang besar itu, kata dia, belum berdampak langsung pada penurunan kemiskinan di provinsi tersebut. Sulteng, ujar Mardiono, masih menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kemiskinan tinggi di Indonesia.

“Sulawesi Tengah sebagai salah satu wilayah primadona untuk investasi PMA di sektor industri pengolahan mineral, khususnya smelter nikel. Karena provinsi ini masih menjadi salah satu provinsi dengan angka kemiskinan tertinggi, tentu kita mengharapkan investasi di Sulawesi Tengah adalah investasi yang inklusif dan membawa percepatan pengentasan kemiskinan di daerah ini,”ujarnya.

Mardiono berharap kerja sama antara Indonesia dan Singapura dapat terus berkembang sebagaimana yang terjadi selama ini.

Indonesia dan Singapura, kata dia, adalah mitra strategis sehingga kemitraan yang terjalin diharapkan dapat menciptakan nilai tambah ekonomi, memberikan dampak sosial yang lebih luas khususnya percepatan pengentasan kemiskinan, pembangunan perdesaan, dan ketahanan pangan.

Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi PMA Singapura dalam sepuluh tahun terakhir di Indonesia mencapai 87,03 miliar dolar AS yang dialokasikan dalam 60.483 proyek.

error: Content is protected !!