Rusia Akan Tantang AS di Pemilihan Presiden Bank Dunia

Rusia Akan Tantang AS di Pemilihan Presiden Bank Dunia

cnbc-indonesia.com – MOSKOW, Rusia tengah berkonsultasi dengan sekutunya untuk menantang calon Amerika Serikat (AS) untuk memimpin Bank Dunia, menurut perwakilan Moskow di Bank Dunia. Adapun, langkah ini dapat mempersulit dari yang diharapkan menjadi proses suksesi yang mulus.

Seperti diketahui, Rusia tetap menjadi anggota pemungutan suara Bank Dunia, meskipun bank telah menghentikan semua program di Rusia dan Belarusia pada Maret tahun lalu setelah invasi ke Ukraina.

Mengutip Reuters, Direktur Eksekutif Bank Dunia yang mewakili Rusia dan Suriah, Roman Marshavin menyebut, pihaknya berencana mendaftarkan calon presiden Bank Dunia. Namun, keputusan final akan dibuat di Moskow. Rencana ini pertama kali dilaporkan oleh kantor berita TASS, milik negara Rusia.

“Pendaftaran calon potensial dan konsultasi masih berlangsung,” ujar Marshavin dikutip, Kamis (9/3/2023).

Marshavin menambahkan, pihaknya sedang berdiskusi dengan negara lain tentang kandidat calon pemimpin Bank Dunia, termasuk pemodal Rusia, ekonom asing, mantan kepala organisasi internasional, serta beberapa mantan menteri keuangan dan kepala bank sentral.

Namun, dia menolak mengomentari secara spesifik laporan TASS atau negara lain mana yang terlibat dalam pembicaraan ini.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

error: Content is protected !!