Penuhi TKDN, Anak Usaha M Cash Gandeng PT Xacti Indonesia

cnbc-indonesia.com – Anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk, V2 Indonesia yang berfokus pada solusi digital audio visual dan Connecting Immersive Experience menggandeng PT Xacti Indonesia yang bergerak di bidang teknologi bonding sensor untuk pengembangan perangkat hardware LED dan Videotron.

Melalui kerja sama ini, V2 Indonesia memproduksi kebutuhan teknologi bonding sensor dan Mounting Printed Circuit Board (PCB) melalui proses Surface Mount Technology (SMT) atau perakitan elektronik yang digunakan untuk memasang komponen elektronik ke permukaan papan sirkuit cetak (PCB), yang terdapat di industri penyedia jasa LED dan videotron.

Sebelumnya sejak 2010, V2 Indonesia sendiri telah menjual berbagai kebutuhan LED untuk berbagai pasar vertikal termasuk untuk kebutuhan Command Center, Meeting Room, Digital Out of Home (DOOH), seperti Digital Signage, Digital Banner, Kiosk, Videotron di berbagai pusat perbelanjaan, pemerintahan, kantor, merek ritel, dunia hiburan, dan lainnya..

“Tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk menyediakan pelanggan dengan solusi tampilan LED buatan dalam negeri yang kompetitif dengan memanfaatkan teknologi manufacture dari PT Xacti Indonesia dan menjadikan V2 Indonesia sebagai pemain terkemuka di pasar bisnis LED Indonesia,” kata Rudi Hidayat CEO V2 Indonesia dalam siaran pers, Rabu (25/1/2023).

Rudi mengatakan, dengan kerja sama ini V2 Indonesia secara tidak langsung mendukung aturan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri ( TKDN ). Hal ini sejalan dengan program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk meningkatkan kemajuan dan produktivitas nasional.

“Selain itu kami juga telah memiliki pusat layanan penjualan di semua lini bisnis dan strategi marketing program untuk memberikan solusi di sektor digital teknologi hardware dan software di seluruh Indonesia,” ujar Rudi.

Adapun bentuk kerja sama dari kedua perusahaan ini meliputi sistem pengembangan yang menjamin kualitas produksi hardware LED dan Videotron di pasaran tanah air menjadi lebih tinggi melalui kolaborasi kuat antara departemen pengembangan dari V2 Indonesia dengan departemen manufaktur dari PT Xacti Indonesia.

Dengan kerja sama tersebut, V2 Indonesia akan terlibat langsung mulai dari pembentukan SOP manufacture, ide produk desain, management sistem sampai ke Quality Control (QC) untuk menunjang produksi LED dan Videotron yang berkualitas yang nantinya bisa dimulai di kuartal ke dua di tahun 2023.

Yoshikiyo Morikawa Presiden Direktur PT Xacti Indonesia mengatakan, dalam tahapan produksi masal nantinya setiap produk yang dihasilkan akan melalui pengawasan dari Departemen Quality Assurance (QA).

“Kolaborasi ini diharapkan dapat segera diimplementasikan dengan memanfaatkan core business masing-masing untuk memberi kontribusi bagi kedua perusahaan agar dapat lebih maju lagi,” ungkap Yoshikiyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!