Museum Tjong A Fie Mansion tetap terima pengunjung saat Lebaran

Museum Tjong A Fie Mansion tetap terima pengunjung saat Lebaran

cnbc-indonesia.com – Museum Tjong A Fie Mansion, salah satu tujuan wisata di Kota Medan, Sumatera Utara, tetap menerima pengunjung saat Lebaran 1444 Hijriah yang jatuh pada 22-23 April 2023.

“Museum ini akan tetap buka. Ketika Lebaran memang ramai pengunjung, terutama keluarga. Mereka ke sini selepas silaturahmi,” ujar pemandu wisata lokal Museum Tjong A Fie Mansion Alvin Sipayung kepada ANTARA di Museum Tjong A Fie Mansion, Selasa.

Alvin menyebut, biasanyapara pelancong datang ke Museum Tjong A Fie Mansion karena penasaran untuk melihat bangunan cagar budaya yang berusia sekitar 123 tahun itu.

Mereka tertarik dengan kisah sejarah kehidupan Tjong A Fie, seorang pengusaha besar Medan yang hidup pada , dan seluk beluk rumah bergaya campuran Tionghoa, Eropa, serta Melayu itu.

“Pengunjung yang ke sini berasal dari Medan dan daerah lain seperti Jakarta, Bali, Bandung, dan lain-lain. Selain itu, kadang ada pula dari luar negeri misalnya dari Belanda, Singapura, dan Malaysia,” tutur Alvin.

Dia melanjutkan, antusiasme masyarakat mendatangi Museum Tjong A Fie Mansion terus meningkat pada bulan Ramadhan 2023.

Pada minggu awal Ramadhan, Museum Tjong A Fie bisa menerima 40-50 pengunjung per hari

“Kalau hari biasa, paling 30-40 orang per hari,” kata Alvin.

Namun, saat berada di Museum Tjong A Fie Mansion, Alvin memintapengunjung untuk mematuhi aturan, salah satunyak tidak memotret maupun merekam suasana di beberapa ruangan.

Tempat-tempat itu adalah ruang sembahyang atas, ruang sembahyang kepada dewa, kamar pribadi Tjong A Fie dan galeri.

Museum Tjong A Fie Mansion berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Medan, yangsejatinya rumah pribadi keluarga Tjong A Fie yang dijadikan museum sejak2009 untuk mengenang jasa tokoh masyarakat Tionghoa tersebut.

Bangunan yang dihadiahkan Tjong A Fie untuk istri ketiganya Lim Koei Yap itu dibuka setiap hari pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp35.000. Tempat ini hanya tutup saat perayaan Imlek atau Tahun Baru China.

error: Content is protected !!