loading…

Naik kereta api jarak jauh usia 18 tahun ke atas mulai besok wajib vaksin booster. FOTO/Istimewa

JAKARTA – Penumpang kereta jarak jauh berusia 18 tahun ke atas mulai besok wajib vaksin booster . Sedangkan pengguna berusia 6 – 17 tahun wajib vaksin dosis kedua.

“Kebijakan ini berlaku untuk perjalanan KA jarak jauh keberangkatan mulai 30 Agustus 2022,” ujar Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam pernyataan tertulis, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Terobos Perlintasan Kereta, Driver Ojol Tewas di Rawa Buaya

Eva menjelaskan bahwa aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 26 Agustus 2022.

Sebelumnya masyarakat yang belum vaksinasi booster masih diperbolehkan melengkapi hasil negatif RT-PCR, namun mulai 30 Agustus hal tersebut tidak berlaku lagi. Mulai 30 Agustus, pelanggan yang tidak dapat menunjukkan bukti vaksinasi tersebut tidak akan diperkenankan naik KA.

Dia menyarankan agar masyarakat segera lakukan vaksinasi di lokasi yang disediakan KAI ataupun pemerintah agar tetap dapat menggunakan KA Jarak Jauh. Bagi yang tidak dapat menunjukkan persyaratan vaksinasi tersebut dapat membatalkan tiketnya dengan pengembalian 100 persen.

Baca Juga: Miliki 831 Unit Kereta Ekonomi, KAI Berniat Lakukan Peremajaan

Pembatalan dapat dilakukan paling lambat H+7 tanggal keberangkatan KA di loket stasiun atau Contact Center KAI melalui WhatsApp 08111-2111-121. Berikut syarat lengkap perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh dan lokal mulai 30 Agustus 2022:

Syarat Naik KA Jarak Jauh

1. Usia 18 tahun ke atas:

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.