Melangkah Maju Ke Depan Meraih Kesuksesan

Melangkah Maju Ke Depan Meraih Kesuksesan

cnbc-indonesia.com – Siapa yang tidak ingin meraih kesuksesan? Anda tentu salah satu orang yang ingin menjadi sukses! Ikuti cara menjadi sukses ala Jim Rohn melalui artikel berikut ini.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

Rubrik Finansialku

Melangkah Maju Ke Depan Meraih Kesuksesan

Cara Menjadi Sukses Ala Jim Rohn

Jim Rohn pernah mengatakan bahwa kesuksesan adalah studi yang pasti namun terkadang kita membutuhkan seseorang untuk mengingatkan kita dan menunjukkan kepada kita mengenai cara termudah untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Berikut cara menjadi sukses ala Jim Rohn:

#1 Kumpulkan Setiap Ide yang Cemerlang dalam Sebuah Jurnal

Mentor Jim Rohn mengajarinya untuk membuat dan menyimpan sebuah jurnal saat berusia 25 tahun.

Ini adalah sebuah buku yang berisi tentang pengumpulan ide terbaik atas semua gagasan dan informasi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Dan setiap inspirasi yang terdapat jurnal itu akan diteruskan kepada anak-anak dan para cucu-cucu (generasi penerus).

Jika Anda mendengar sebuah ide tentang bagaimana menjaga kesehatan dengan baik, Anda sebaiknya mengambilnya dan tulislah dalam buku jurnal Anda.

Kemudian, pada saat waktu santai, Anda perlu membuka jurnal tersebut.

[Baca Juga: Simak 50 Kata-kata Bijak Dale Carnegie Yang Membuat Anda Semakin Sukses Dan Bersemangat]

Selami kembali setiap gagasan dan ide yang ada dalam jurnal tersebut. Setiap gagasan atau ide yang mengubah hidup Anda, gagasan yang menyelamatkan pernikahan Anda, gagasan yang membuat Anda dapat melupakan masa lalu yang kelam, gagasan yang membantu Anda menjadi sukses.

Jurnal itu akan menjadi sesuatu yang berharga bagi Anda.

Jadilah seorang kolektor dari setiap ide dan gagasan yang baik, kolektor pengalaman berharga untuk bisnis Anda, untuk hubungan Anda, untuk masa depan Anda.

Jangan percaya pada ingatan Anda karena Anda bisa saja lupa dan Anda bisa juga terkecoh oleh ingatan Anda sendiri.

Bila Anda mendengarkan atau membaca sesuatu yang berharga, tulislah informasi berharga itu. Bila Anda menemukan sesuatu yang penting, tulislah ke dalam jurnal berharga Anda. Luangkan waktu untuk menyimpan catatan berharga dan membacanya kembali.

#2 Miliki Perencanaan yang Baik

Membangun kehidupan, membangun sesuatu, layaknya Anda sedang membangun sebuah rumah.

Anda perlu punya rencana.

Tidak hanya sekadar rencana namun rencana yang matang dan mampu dieksekusi.

Bagaimana jika Anda baru saja mulai meletakkan batu bata dan seseorang bertanya, “Apa yang akan Anda bangun?” Anda meletakkan batu bata yang Anda pegang dan Anda mengatakan, “Saya tidak tahu.”

Jadi, inilah pertanyaannya: kapan sebaiknya Anda mulai membangun rumah?

Jawaban adalah: segera setelah selesai membuat perencanaan.

Ini merupakan sebuah manajemen waktu yang sederhana.

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

Jangan memulai hari dan menyelesaikannya tanpa membuat sebuah perencanaan sebelumnya (setidaknya Anda memiliki garis besar dari apa yang akan Anda lakukan hari itu.)

Rencanakan kalender hidup Anda, rencana permainan Anda dalam setiap aspek hidup Anda.

Alasan mengapa kebanyakan orang menghadapi masa depan dengan ketakutan dan tidak melakukan antisipasi adalah karena mereka tidak memilikinya dalam sebuah rancangan yang baik.

#3 Berikan Waktu Bagi Diri Anda

Butuh waktu untuk membangun karier. Butuh waktu untuk melakukan perubahan. Butuh waktu untuk belajar, tumbuh, berubah dan berkembang ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Butuh waktu untuk memperbaiki filosofi dan aktivitas serta kebiasaan buruk Anda.

Jadi intinya adalah Anda perlu memberi diri Anda waktu untuk belajar, waktu untuk memulai beberapa momentum perubahan, waktu untuk mencapai hasil akhir yang memuaskan.

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Jim Rohn menjelaskan poin ini dengan sebuah pengalamannya ketika ia belajar bermain piano saat kecil dengan ibunya.

Pada awalnya ia belajar bagaimana memainkan setiap not dengan jari kanan.

Kemudian setelah cukup mahir dengan permainan tangga nada menggunakan tangan kanan, mulailah ia beralih dengan tangan kiri dengan tangga nada yang sama namun jari yang berbeda letaknya.

Tentu situasi ini membutuhkan waktu untuk mempelajari dan membiasakan jari jemari untuk semakin lihai dalam menyentuh setiap tuts piano sesuai dengan not yang terdapat dalam sebuah partitur.

Setelah tangan kiri dan kanan dapat memainkan setiap not secara mandiri, inilah tahap berikutnya yang semakin berat.

Memainkan sebuah partitur dengan kedua tangan (kiri dan kanan) secara bersamaan, menghasilkan alunan nada yang sesuai dengan tempo, dinamika dan juga ketepatan nada dalam partitur.

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

Tidak mudah untuk melakukannya.

Perlu sebuah proses pembiasaan yang tidak sebentar.

Jika sudah cukup berhasil melakukan 1 partitur lagu, masih banyak partitus lainnya yang harus dimainkan.

Bukankan proses ini juga dapat diulang dari awal lagi agar jari jemari dapat lebih terbiasa dengan sinkronisasi perasaan dan juga indera penglihatan dalam memainkan setiap nada dalam partitur lagu?

Hidup bukan hanya sekadar melewati waktu yang ada.

Hidup adalah sebuah kumpulan pengalaman besarta setiap intensitas di dalamnya.

#4 Ubah Diri Anda

Cara menjadi sukses berikutnya ala Jim Rohn adalah dengan dengan belajar memecahkan berbagai masalah bisnis, masalah keluarga, masalah keuangan termasuk masalah emosional.

Bagaimana cara terbaik dalam mengatasi tantangan?

Dalam proses perkembangan diri, modifikasi diri Anda dengan membuang setiap paradigma atau filosofi lama yang tidak berfungsi sepenuhnya dalam diri dan ubahlah dengan yang baru yang sekiranya mampu membuat Anda lebih berkembang dari sebelumnya.

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

Mentor Jim Rohn pernah mengatakan bahwa jika Anda memiliki keinginan untuk berubah, maka segala sesuatu yang ada di sekitar Anda secara bertahap akan berubah untuk Anda.

Jim Rohn pun mengaplikasikannya dalam hidupnya dan ia benar-benar mengalami apa yang disarankan oleh mentornya tersebut.

Semakin ia berusaha untuk mengembangkan diri dan berubah, maka segala sesuatu di sekitarnya membuatnya semakin berkembang untuk dirinya.

Anda tidak dapat mengubah tujuan Anda dalam semalam, tapi Anda bisa mengubah arah Anda dalam semalam.

Sikap Dalam Meraih Kesuksesan

Tidak peduli keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk mempertajam dan melangkah maju menuju kesuksesan Anda, keterampilan pertama yang dibutuhkan kebanyakan orang untuk meraih kesuksesan adalah sebuah sikap.

Anda bisa menyebutnya perspektif, pendekatan, atau pola pikir – tapi semuanya bermuara pada konsep yang sama, yaitu bagaimana Anda memikirkan hidup Anda dan bisnis Anda.

Itulah bagian penting pertama dari sebuah kesuksesan.

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Sikap yang tepat untuk sukses adalah keterampilan. Mengembangkan sikap yang benar untuk sukses mungkin tampak sederhana, tapi ini adalah usaha seumur hidup yang perlu Anda kembangkan secara terus menerus.

Tahukah Anda bahwa setiap tantangan baru, setiap kemunduran dan rintangan yang menghadang setiap jalan kesuksesan Anda pun bisa menghilangkan sikap positif Anda dan menggantinya dengan ketakutan, depresi atau perasaan akan kekalahan.

Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah dengan tidak mencoba. Dengan demikian Anda akan menyerah dan menghabiskan bertahun-tahun dalam lingkaran stagnansi alias tidak berbuah hasil apapun sambil bertanya-tanya apakah ada yang bisa dihasilkan?

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan]

Terlalu banyak orang yang merasakan hasil terburuk – Anda mungkin mengenal seseorang yang tidak mengejar impian terhebat mereka dan memiliki penyesalan terdalam dalam hidup mereka.

Untuk mengembangkan sikap sukses Anda sendiri, Anda harus menentukan kesuksesan apa yang berarti bagi Anda.

Tanyakan pada diri Anda:

    Apa yang membuat hidup Anda bernilai?

    Apa yang membuat hidup Anda berharga?

    Apa yang membuat hidup Anda merasa sukses di semua aspek?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan kesuksesan bagi diri Anda sendiri.

Jawaban dari setiap pertanyaan tersebut mungkin bisa jadi mengenai quality time dengan keluarga Anda, kebebasan finansial, bisnis Anda sendiri atau tentang kenaikan jabatan, kesehatan stabil, dan rasa damai serta sejahtera.

Cobalah untuk lebih spesifik saat Anda mempertimbangkan kehidupan sukses yang ingin Anda raih.

[Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Pikiran Kita agar Dapat Membantu Menghemat Uang]

Langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan pemikiran, gagasan, dan keyakinan apa yang akan mendukung cara Anda untuk sukses.

Misalnya, jika keluarga dan teman Anda membuat hidup Anda berharga, Anda memerlukan sebuah gagasan tentang bagaimana meluangkan lebih banyak waktu bersama mereka.

Anda membutuhkan waktu tentang kesejahteraan keluarga Anda dan Anda memerlukan keyakinan utama bahwa kewajiban keluarga lebih penting daripada masalah profesional atau pekerjaan.

Kesuksesan layaknya potongan puzzle yang harus Anda kumpulkan. Namun, Anda perlu mengembangkan puzzle filosofi hidup Anda terlebih dahulu sehingga setiap puzzle kesuksesan akan menemukan Anda.

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan Anda yang ingin meraih kesuksesan.

Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Jim Rohn. 16 Oktober 2017. Creating the Right Attitude for Success. Jimrohn.com – https://goo.gl/Biy3Xn

    Jim Rohn. 15 Februari 2017. 4 Straightforward Steps to Success. Jimrohn.com – https://goo.gl/4k1X4m

Sumber Gambar:

    Meraih Kesuksesan 1 – https://goo.gl/re89TN

    Meraih Kesuksesan 2 – https://goo.gl/MAk5NN

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

error: Content is protected !!