Jalan Tol Masih Jadi Pilihan Favorit Selama Mudik, Ini Saran bagi Pemudik

Jalan Tol Masih Jadi Pilihan Favorit Selama Mudik, Ini Saran bagi Pemudik

cnbc-indonesia.com – Jalan tol tetap menjadi pilihan favorit pemudik tahun ini lantaran dinilai dapat membuat perjalanan mudik menjadi lancar, nyaman, aman, dan selamat.

Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menyarankan, pemudik untuk tidak hanya mengandalkan jalan tol , tetapi memilih jalur-jalur alternatif untuk menekan risiko kemacetan panjang di ruas tol.

Pasalnya, kemacetan saat mudik tidak bisa dihindari atau dihilangkan sementara jalan di Indonesia baik jalan tol maupun arteri tidak dirancang untuk volume lalu lintas seperti lebaran yang volume luar biasa dalam waktu singkat bergerak bersama.

“Perjalanan melewati jalan tol atau bebas hambatan tidak selalu lebih lancar. Masyarakat dapat mempertimbangkan penggunaan jalan arteri, seperti pantura dan pansel Jawa,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/3/2023).

Berkaca pada pelaksanaan mudik Lebaran 2022, penggunaan jalan arteri pantai utara (Pantura) Jawa tergolong relatif lebih lancar ketimbang jalan tol. Dia bilang, penghubung jalur utara dan selatan Jawa belum bagus sehingga pilihannya masih di jalur Pantura.

Dia menjelaskan, jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) belum selesai dan rencana Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya-Cilacap (Cigatas) belum terealisasi.

Sementara, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuhan (Cisumdawu) sudah dapat digunakan, mengurangi volume lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) untuk kendaraan yang berasal dari Bandung akan ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

Sebagai informasi, pada periode Lebaran 2023 diprediksi jumlah pemudik akan melonjak lantaran tidak ada pembatasan perjalanan setelah pandemi Covid-19.

Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan, Tol Trans-Jawa masih akan menjadi jalur favorit untuk arus mudik Lebaran 2023 . Jalur tol tersebut diproyeksikan akan dilintasi sekitar 9,2 juta orang.

Daerah tujuan terbanyak selama arus Lebaran 2023 adalah Provinsi Jawa Tengah, yakni 32,75 juta orang atau 26,45 persen.

Sementara itu, pilihan moda masih didominasi mobil pribadi 27,32 juta orang atau 22,07 persen dan sepeda motor 25,13 juta orang atau 20,30 persen. Jalur utama yang dipilih pengguna mobil dan sepeda motor didominasi Tol Trans-Jawa yakni 9,2 juta orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!