Ini 3 Jurus Kemenhub Urai Kepadatan di Pelabuhan Merak saat Mudik Lebaran 2023

cnbc-indonesia.com – JAKARTA, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar Rapat Koordinasi membahas upaya antisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak, Banten, di masa mudik Lebaran 2023. Dengan prediksi angka pemudik yang lebih tinggi, dia menyebut pentingnya persiapan sejak dini.

“Persiapan dan koordinasi kami lakukan sejak dini dan InsyaAllah pelaksanaannya akan lebih baik dari tahun lalu,” ujar Budi Karya di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (11/3/2023).

Budi Karya menambahkan, seluruh pemangku kepentingan terkait berkomitmen untuk memastikan volume to capacity ratio (V/C Ratio) atau perbandingan antara jumlah penumpang dan kendaraan dengan kapasitas Pelabuhan, masih dalam batas wajar dan terkendali yaitu kurang dari 0,8.

“Tadi dalam pembahasan V/C ratio akan berupaya ditekan serendah mungkin. Untuk itu akan dilakukan sejumlah simulasi-simulasi secara rutin untuk memastikan target itu tercapai,” katanya.

Adapun, sejumlah langkah dan kebijakan bakal dilakukan agar lonjakan pergerakan penumpang dan kendaraan tetap bisa terkendali. Pertama, menyiapkan penambahan dermaga alternatif untuk memecah kepadatan di tujuh dermaga yang ada di Merak.

“Kami siapkan lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan dan satu dermaga di Pelabuhan Indah Kiat, Banten,” katanya.

Sementara, kapal yang akan beroperasi di Merak sebanyak 65 unit dan di Ciwandan sebanyak 15 unit.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

error: Content is protected !!