Indonesia-Australia Pastikan Rantai Pasok Aman bagi Kawasan Indo-Pasifik

cnbc-indonesia.com – JAKARTA, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan secara daring dengan Menteri Perdagangan dan Pariwisata Australia Senator the Hon Don Farrell pada Selasa (23/5/2023). Pertemuan tersebut membahas beberapa pokok pikiran dalam isu rantai pasok yang menjadi perhatian 14 negara di Indo-Pasifik yang sedang melakukan putaran perundingan Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF).

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

Adapun, perundingan tersebut untuk memastikan rantai pasok yang aman dan tangguh serta meminimalkan gangguan dan kerentanan bagi negara-negara di Kawasan Indo-Pasifik.

Negara-negara mitra IPEF diharapkan dapat berkomitmen untuk mencapai tujuan kolektif rantai pasok yang tangguh, antisipatif, tahan uji, cepat pulih dari tantangan dan berdaya saing di kawasan Indo-Pasifik.

“Pembahasan dalam isu rantai pasok meliputi penetapan kriteria sektor dan barang kritis, peningkatkan ketahanan dan investasi pada sektor dan barang kritis, penetapan mekanisme berbagi informasi dan respons krisis, memperkuat logistik rantai pasok, peningkatan peran pekerja, dan peningkatan transparansi rantai pasok,” ujar Menko Airlangga dalam keterangannya, Selasa (23/5/2023).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya menegaskan pentingnya kerja sama untuk kesejahteraan ekonomi dan kestabilan di kawasan tersebut dan menyoroti kemajuan yang dicapai selama putaran perundingan.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News