cnbc-indonesia.com – Detikers, kamu sedang ingin mendapatkan income tambahan? Kalau benar begitu, usaha rumahan makanan ringan bisa dijadikan pilihan sebagai cara untuk menambah pemasukan.

Meskipun usaha rumahan makanan ringan tergolong dalam usaha kecil, tetapi pendapatannya nggak kecil lho. Usaha rumahan bisa saja mendapatkan keuntungan jutaan hingga puluhan juta di setiap bulannya.

Untuk menjalankan usaha, tentu butuh ide terlebih dahulu, bukan? Nah, dalam artikel ini, kami akan berikan 15 ide usaha makanan ringan yang bisa kamu coba, mari simak uraiannya di bawah ini!

Makanan ringan juga sering kita kenal dengan istilah kudapan. Sebelum masuk ke pembahasan ide usaha rumahan makanan ringan, ada baiknya untuk kita memahami pengertian makanan ringan terlebih dahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makanan ringan adalah makanan yang bukan berupa nasi, (seperti kue-kue) sebagai makanan selingan di antara waktu makan.

Sementara menurut Muchtadi, Hariyadi, dan Basuki, makanan ringan adalah makanan yang dikonsumsi dalam waktu-waktu antara ketiga waktu makan utama dalam sehari.

Ide Usaha pertama yang bisa kamu coba adalah membuat keripik pisang. Makanan ini cukup digemari oleh seluruh lapisan masyarakat karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang enak.

Makanan ini kerap kita jumpai dengan berbagai rasa original, asin atau manis. Dari situ, kamu juga bisa berinovasi dengan membuat pilihan rasa lain seperti coklat, stroberi, pedas, atau rasa-rasa lainnya.

Makanan satu ini merupakan kudapan yang sudah sangat legendaris. Dari dulu sampai sekarang, keripik singkong selalu menjadi favorit masyarakat sebagai pilihan makanan ringan.

Keripik singkong terkenal dengan variannya yang sangat banyak. Mulai dari keripik singkong yang super pedas hingga keripik singkong yang rasanya manis.

Makanan yang satu ini sering sekali menjadi pilihan sebagai kudapan sehari-hari. Gorengan bisa kamu jadikan pilihan karena memiliki pasar yang luas serta modal yang tidak terlalu besar.

Ada beragam jenis gorengan yang bisa kamu jual seperti tahu isi, bakwan, pisang goreng, risoles, dan lainnya. Sistem berjualannya pun bisa bermacam-macam, bisa dengan menjajakannya di depan rumah atau menggunakan sistem pre-order.

Pilihan usaha rumahan makanan ringan ini yang satu ini bisa dibilang sebagai usaha yang prosesnya cukup simpel. Kamu hanya perlu menyiapkan makaroni mentah dan berbagai macam bumbu yang bisa didapatkan di pasar.

Kamu hanya perlu menggoreng makaroni tersebut sampai teksturnya renyah. Setelah itu, campurkan dengan berbagai pilihan bumbu untuk menambah cita rasa pada makaroni tersebut.

Makanan ini bisa dijadikan pilihan karena banyak digemari masyarakat luas. Ada dua jenis martabak mini yang bisa jadi objek dagangan, yaitu martabak manis dan martabak asin.

Untuk martabak manis, kamu bisa menambahkan berbagai toping yang menggiurkan seperti coklat, keju, susu, atau kacang. Sementara itu, untuk martabak asin kamu bisa menggunakan bahan dasar telur yang ditambah dengan bawang daun dan sedikit daging cincang.

Rempeyek ini merupakan kudapan yang disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kudapan tradisional ini bisa dijadikan pilihan untuk usaha rumahan makanan ringan.

Rempeyek punya cita rasa yang gurih sehingga cocok sekali dijadikan kudapan atau makanan pendamping. Terdapat berbagai jenis rempeyek seperti rempeyek udang, rempeyek kacang tanah, dan rempeyek daun jeruk.

Dua makanan ini biasanya dijual secara berdampingan. Cakwe biasanya dijadikan kudapan di sela-sela makan utama atau juga biasa dijadikan pendamping ketika makan bubur.

Sementara itu, kue bantal atau odading juga merupakan salah satu kudapan favorit masyarakat. Rasanya yang manis membuatnya cocok sekali untuk dikombinasikan dengan kopi hitam.

Telur gulung memang sangat cocok untuk dijadikan ide usaha. Banyak sekali orang yang menyukai jajanan satu ini sehingga punya peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Telur gulung biasanya disantap ketika masih panas dan ditambahi dengan lumuran saus. Kamu juga bisa membuat inovasi, misalnya dengan membuat racikan saus yang berbeda dengan penjual lain.

Basreng merupakan singkatan dari bakso goreng. Rasanya yang gurih membuat basreng menjadi favorit di kalangan masyarakat.

Karena kepopuleran ini, kamu bisa mencoba untuk memulai usaha kecil dengan menjual basreng. Supaya lebih menarik, coba tambahkan beberapa inovasi seperti basreng mozarella.

Sama seperti basreng, batagor juga merupakan sebuah singkatan. Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng.

Batagor berupa adonan bakso yang dimasukkan ke dalam tahu atau dibungkus kulit pangsit lalu digoreng.

Makanan yang satu ini disukai oleh banyak sekali orang. Rasanya enak, terutama ketika dilumuri dengan saus dan mayonaise, pasti rasanya tambah enak.

Sosis bakar juga bisa kamu jadikan usaha rumahan makanan ringan. Proses pembuatannya pun simpel dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Makanan ini punya cita rasa yang manis dan sedikit asin dari keju. FYI, jasuke merupakan singkatan dari jagung susu keju.

Makanan ini digemari banyak orang, terutama anak kecil yang kebanyakan menyukai makanan yang manis. Dengan modal yang kecil dan peluang yang besar, membuat jasuke cocok sekali untuk dijadikan usaha rumahan makanan ringan.

Makanan ini adalah salah satu makanan yang sedang nge-trend. Crepes banyak sekali menjadi pembahasan di media sosial, terutama TikTok.

Hal ini tentu menjadi peluang bagi kamu untuk menjadikan crepes sebagai ide usaha rumahan. Kudapan ini biasa dijual dengan harga yang murah dan dilengkapi berbagai toping seperti coklat, pisang, keju, dan lain-lain.

Buat kamu yang punya hobi bikin kue, pilihan usaha rumahan makanan ringan ini bisa kamu coba. Kue kering punya berbagai macam jenis seperti nastar, putri salju, atau kue coklat.

Apalagi jika kamu berjualan menjelang lebaran, dijamin omzet penjualanmu akan naik secara signifikan. Hal ini karena memiliki kue kering di rumah ketika lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia.

Selain kue kering, kue basah juga tentunya bisa dijadikan pilihan. Kue basah sering menjadi kudapan untuk mengisi perut.

Beberapa macam kue basah yang bisa kamu jadikan peluang usaha seperti klepon dan dadar gulung. Kamu bisa menawarkan makanan ini ke banyak orang karena memang makanan ini merupakan salah satu jajanan tradisional favorit di kalangan masyarakat.

Nah, itulah pembahasan mengenai usaha rumahan makanan ringan. Ide usaha kecil ini bisa kamu jadikan sebagai cara untuk menambah pundi-pundi rupiah di tabunganmu.