Merdeka.com – Miliarder Warren Buffett sedang melelang potret dirinya yang ditandatangani. Pelelangan ini ditawarkan mulai USD 30.000 atau setara Rp 445,9 juta, yang dilangsungkan di platform eBay.

Dana yang dikumpulkan dari hasil lelang ini nantinya akan disumbangkan ke badan amal. Lelang tersebut juga digelar berdekatan dengan ulang tahun Buffett yang ke-92 pada 30 Agustus mendatang.

Dilansir dari Associated Press, potret Buffett yang dibuat oleh Motiva Art menampilkan kisi-kisi huruf di atas gambar yang menyala untuk menguraikan beberapa kutipan terkenal dari sang investor legendaris.

Lelang ini mungkin tidak sebesar lelang sebelumnya, makan siang bersama Buffett, tetapi masih mungkin menarik penawar besar di antara pengikut setia CEO Berkshire Hathaway. Hasil dari lelang seni akan disumbangkan ke Girls Inc. of Omaha, yang menyediakan program pendidikan, budaya, dan rekreasi bagi perempuan muda di kampung halaman Buffett.

Selain aktif dalam aktivitas pelelangan, Buffett ternyata juga pernah menjual dompet lamanya yang berisi tip saham. Penjualan itu berhasil mengumpulkan USD 210.000 (Rp 3,1 miliar) untuk organisasi sosial. Adapun pada tahun 2015, seorang pembeli juga membayar lebih dari USD 122.000 (Rp 1,8 miliar) untuk mobil Cadillac 2006 milik Buffett dengan tanda tangannya di dasbor.

Seorang penawar anonim telah mengeluarkan hingga USD 19 juta atau setara Rp 281,9 miliar untuk makan siang eklusif dengan miliarder ternama sekaligus CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett.

Besarnya penawaran untuk momen makan siang bersama miliarder berusia 91 tahun itu pun menjadi rekor pengeluaran tertinggi, dibandingkan pemenang sebelumnya.

Dilansir dari ABC News, hasil dari lelang untuk momen makan siang bersama Buffett yang ditawarkan di platform eBay itu akan disalurkan untuk badan amal GLIDE yang berbasis di San-Francisco, yang membantu komunitas tunawisma dan masyarakat miskin.

Pemenang lelang ini pun dapat membawa hingga tujuh tamu, untuk makan siang eklusif di sebuah restoran steak di New York bersama Buffett. Sejauh ini, Buffett telah mengumpulkan dana hingga USD 53 juta (Rp786,5 miliar) untuk GLIDE sejak lelang makan siang tersebut dimulai pada tahun 2000.

Acara tahun ini akan menjadi makan siang pertama bersama sang miliarder sejak tahun 2019, ketika pengusaha cryptocurrency Justin Sun memenangkan lelang untuk momen eklusif tersebut dengan pengeluaran USD 4,5 juta atau Rp66,7 miliar.

Sebelumnya, dua lelang terakhir untuk makan bersama Buffet dibatalkan karena pandemi Covid-19 dan dia mengatakan ini akan menjadi pelelangan makan siang bersamanya yang terakhir. “Saya telah bertemu banyak orang menarik dari seluruh dunia. Satu karakteristik universal adalah mereka merasa uang itu akan digunakan dengan sangat baik,” kata Buffett tentang lelang makan siang itu.

Seperti pemenang tahun ini, beberapa pemenang makan siang bersama Buffet sebelumnya memilih untuk tidak disebutkan identitas mereka. Namun salah satu pemenang makan siang sebelumnya dengan Warren Buffet, yakni Ted Weschler, menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan Buffett setelah dia menghabiskan hampir USD 5,3 juta (Rp 78,6 milliar) untuk dua lelang pada tahun 2010 dan 2011.

Reporter: Natasha Khairunnisa Amani

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Kisah 3 Miliuner Asia, Dulu Hidup Melarat Sekarang Kaya Raya
Fenomena Unik, Banyak Orang Kaya Tinggalkan AS dan Pindah ke Uni Emirat Arab
Mengenal Jim Ratcliffe, Calon Pemilik Manchester United
Kisah Manuel Villar, Dulu Jualan Ikan Kini Menjelma jadi Orang Terkaya Filipina
Perusahaan Milik Warren Buffett Untung dan Rugi dalam Waktu Bersamaan


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.