Erick Thohir Perkirakan Impor Minyak Mentah Naik 3 Kali Lipat, Ini Alasannya

cnbc-indonesia.com – JAKARTA, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut impor minyak mentah akan bertambah. Dia memperkirakan angka impor naik hingga tiga kali lipat dari kapasitas saat ini.

Erick menuturkan, kenaikan impor minyak mentah sejalan dengan upaya pemerintah memperluas bisnis industri petrokimia (petrochemical) di dalam negeri. Turunan petrokimia digunakan di sektor farmasi untuk pembuatan obat-obatan hingga industri pakaian. Adapun, bahan baku utama petrokimia berupa minyak bumi dan gas.

“Dengan meningkatnya industri obat-obatan, industri pakaian, jangan kaget kalau impor BBM kita bisa double dan triple dari hari ini. Siap enggak? Belum tentu,” ujar Erick Thohir dalam acara Economic Outlook 2023, Selasa (28/2/2023).

Erick menilai, penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri juga tidak serta merta mengurangi impor minyak mentah. Menurutnya, Pertamina tetap melakukan impor hingga meningkatkan produksi minyak bumi dan gas untuk kepentingan industri petrokimia di dalam negeri.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News