Emiten Pendatang Baru Milik Konglomerat RI Bakal Bagikan Dividen 60 Persen dari Laba, Kapan?

cnbc-indonesia.com – JAKARTA, Emiten milik konglomerat Prajogo Pangestu, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) menyatakan bakal membagikan dividen 60 persen dari laba bersih. CUAN baru saja mencatatkan (listing) saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini.

Adapun kebijakan tersebut mulai berlaku untuk tahun buku 2023 dan setelahnya. Artinya, emiten sektor energi ini akan membagikan dividen mulai tahun depan.

“Besarnya pembagian dividen akan bergantung pada hasil kegiatan usaha dan arus kas perseroan serta prospek usaha, kebutuhan modal kerja, belanja modal dan rencana investasi perseroan di masa yang akan datang,” kata manajemen dalam prospektus, dikutip Rabu (8/3/2023).

Manajemen menjelaskan, perseroan dapat pembagian dividen interim sebelum tahun buku 2023 berakhir. Namun keputusan ini akan dibahas di tingkat direksi, dengan meminta persetujuan dewan komisaris.

Sementara itu, berdasarkan laporan keuangan nonaudit pada kuartal III 2022, CUAN mencetak laba bersih sebesar Rp295,93 miliar. Capaian ini positif dibanding periode yang sama 2021, yang mencatat rugi senilai Rp66,45 miliar.

Adapun pendapatan CUAN per 30 September 2022 mencapai Rp913,52 miliar, yang mayoritas dikontribusikan dari ekspor batu bara. Fluktuasinya harga batu bara di pasar internasionak memberi dampak pada pendapatan perusahaan.

“Hingga Juli 2022, harga jual rata-rata batu bara mencapai 199,8 dolar AS per metrik ton, meningkat 115,3 persen dibandingkan rata-rata peridoe yang sama tahun 2021 sebesar 92,8 dolar AS per metrik ton,” tutur manajemen.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News