Diluncurkan, Alkes Elektromedik Mindray Produksi DV Medika  

Diluncurkan, Alkes Elektromedik Mindray Produksi DV Medika  
Steven Lee, CEO  DV Medika;  Presiden Direktur Mindray Indonesia, Chris Zhang; Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Founder & Chairman DV Medika Vincentius Lianto. 

DV Medika kembali mencetak sejarah baru mengiringi 23 tahun  perjalanannya berkarya dalam dunia alat kesehatan di Indonesia. Setelah tahun lalu erhasil melakukan ekspor perdana produk alat kesehatan berupa hospital bed dan furnitur merek Platinum Inspiration ke Malaysia dari fasilitas produksi DV Medika di Kawasan Industrial Kendal (KIK),  Kabupaten Kendal – Jawa Tengah, Sabtu (27/8) Menteri Kesehatan Republik Indonesia,  Budi Gunadi Sadikin meresmikan fasilitas produksi dan peluncuran perdana alat kesehatan elektromedik Mindray produksi dalam negeri.  

Produk-produk tersebut meliputi pompa syringe dan pompa infus, meja operasi, dan docking station. Kebutuhan alat kesehatan, menurut Menkes, cukup tinggi, namun 90% ketersediaan alat kesehatan di Indonesia masih didominasi produk impor. 

Produk-produk tersebut meliputi pompa syringe dan pompa infus, meja operasi, dan docking station. Kebutuhan alat kesehatan, menurut Menkes, cukup tinggi, namun 90% ketersediaan alat kesehatan di Indonesia masih didominasi produk impor. 

“Transformasi di bidang kesehatan merupakan amanat Presiden Jokowi untuk  menciptakan kemandirian industri farmasi dan alat kesehatan nasional. Diperlukan produsen dalam negeri yang menyediakan alat kesehatan, obat-obatan, dan vaksin,” ujar Menkes yang  mengapresiasi langkah DV Medika dan Mindray yang bergerak cepat untuk mewujudkan kerjasama yang baru ditandatangani pada Desember 2021 di Bali, “start small, move very quick“, tambah Budi. 

Steven Lee, CEO PT DV International Makmur Gemilang (DV Medika) menyatakan senang  bermitra  dengan Mindray, merek premium untuk elektromedical devices di Eropa yang berada di jajaran 35 perusahaan perangkat medis global teratas yang memiliki inovasi teknologi kuat di bidangnya dan jangkauan yang luas di banyak negara.

“Kerjasama DV Medika dan Mindray untuk memproduksi  alat kesehatan  elektromedik di dalam negeri ini merupakan langkah awal. Kami tetap berkomitmen   menghasilkan alat kesehatan yang hasil produksinya diprioritaskan dipasarkan di dalam negeri, namun tidak menutup kemungkinan dipasarkan ke luar misal ke negara-negara ASEAN”.

Sebagai pusat manufaktur baru Mindray, pabrik DV Medika di Kendal ini menurut Steven akan menjadi produsen  produk patient monitoring dan life support berupa syringe pump, infusion pump, dan operating table, dan menjadi mitra strategis Mindray untuk mendistribusikan produk ke seluruh kota di Indonesia. 

Presiden Direktur Mindray Indonesia, Chris Zhang,menyatakan melalui produksinya di Indonesia, Mindray berusaha untuk membuat layanan kesehatan yang terjangkau, memastikan ketersediaan perangkat yang diperlukan, sumber daya manusia yang terlatih mengoperasikan mesin, serta biaya yang masuk akal yang membuat layanan kesehatan dapat diakses oleh semua orang.

” Kami membawa para ahli global kami untuk terlibat dalam transfer pengetahuan dan teknologi dengan DV Medika sebagai mitra dan semoga dapat berkontribusi pada ketahanan perawatan kesehatan domestik,” ujar Chris Zhang.


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!