Dear Pemudik, Tiket Angkutan Penyeberangan Tidak Dijual di Pelabuhan

cnbc-indonesia.com – JAKARTA, Masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran 2023 menggunakan angkutan penyeberangan harus mempersiapkan berbagai hal. Salah satunya yaitu tiket kapal penyeberangan di 52 dermaga yang tidak diperjualbelikan di pelabuhan.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan, masyarakat yang akan melakukan mudik melalui angkutan penyeberangan diharapkan untuk melakukan pembelian tiket jauh-jauh hari.

Ira menyebut, tiket angkutan penyeberangan kapal sudah bisa dipesan sejak H-60 Lebaran. Dia juga menegaskan masyarakat yang akan melakukan penyeberangan harus memiliki tiket setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan.

“Jadi hari ini sudah bisa reservasi tiket dan pengguna jasa tentunya harus memperhatikan bahwa agar supaya kelancaran penyebrangan ini. Tidak ada penjualan tiket di pelabuhan, jadi datang jangan berharap bahwa ada tiket nanti di pelabuhan,” ujar Ira dalam acara ‘Kesiapan Operator Transportasi Hadapi Mudik Pascapandemi’ di Presroom Kementerian Perhubungan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Untuk mengantisipasi kepadatan saat puncak arus mudik Lebaran 2023, ASDP menyiapkan buffer zone. Buffer zone merupakan lokasi tunggu kendaraan sebelum para penumpang menaiki kapal.

ASDP akan bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD). Pada saat puncak arus mudik lebaran BPTD akan mengatur pengoperasian kapal dengan menjadwalkan kapal-kapal yang memiliki daya angkut penumpang yang lebih besar ketika dalan kondisi lebih padat dari biasanya.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News