cnbc-indonesia.com – WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang populer digunakan di Indonesia. WhatsApp memungkinkan penggunanya mengirimkan teks, gambar, pesan suara bahkan panggilan video.

WhatsApp pun kini menjadi salah satu aplikasi yang digunakan untuk tujuan bisnis. Khusus di aplikasi WhatsApp Business kamu bisa membuat pesan balasan otomatis agar bisnis makin laris.

Hal ini memudahkan kamu menghemat waktu untuk merespons pesan dari pelanggan. Terlebih jika pesan tersebut masuk di waktu jam operasional bisnismu tutup, kamu tetap bisa terhubung dengan pelanggan dan menginformasikan jadwal operasional tokomu.

Untuk menggunakan fitur balasan otomatis ini, kamu disarankan mengunduh WhatsApp Business. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga jika menggunakan WhatsApp reguler.

Simak langkah-langkahnya di bawah ini ya!

Mengutip situs WhatsApp, fitur pesan otomatis ini merupakan salah satu keunggulan di WhatsApp Business. Fitur ini memungkinkan pelanggan yang mengirim pesan akan menerima pesan secara otomatis yang dapat disesuaikan, yang menunjukkan kamu sedang sibuk atau jauh dari ponsel.

Misalnya saja kamu memiliki jam operasional dan ada pelanggan yang mengirim pesan sebelum kamu beroperasi, fitur ini bisa membantumu untuk mengirimkan pesan otomatis. Hal ini bisa membantumu untuk mengatur isi pesan, dan tetap membuatmu terhubung dengan pelanggan.

Mengutip Novochat, ada tiga macam pesan otomatis yang bisa dimanfaatkan dalam WhatsApp Business. Yaitu pesan sapaan, pesan jauh, dan templates balasan cepat.

Pesan sambutan umum untuk merespons secara otomatis obrolan masuk baru atau percakapan yang tidak memiliki aktivitas setelah 14 hari.

Menetapkan jadwal, seperti jam kerja atau operasional bisnismu untuk memberi tahu pelanggan jika saat ini kamu telah menerima pesan mereka, dan akan menanggapi sesegera mungkin.

Menyesuaikan beberapa template pesan yang bisa digunakan dalam kotak pesan dengan menggunakan kata kunci (keyword) setelah ‘/’.

Untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan, aplikasi WhatsApp Business membuat balasan cepat berdasarkan informasi di profil bisnismu. Kamu bisa mengirim balasan cepat yang berisi jam kerja, alamat, atau profil kamu.

Berikut langkah untuk menggunakan balasan cepat ini:

Tips bisnis: Penting diingat untuk melengkapi setiap bagian profil bisnis untuk menghasilkan balasan default yang bisa digunakan untuk memberitahu pelanggan tentang alamat, jam operasional, dan lainnya.

Selain fitur balasan cepat, kamu juga bisa melakukan langkah yang sama untuk fitur pesan jauh maupun greeting message. Untuk fitur away message kamu bisa melakukan penjadwalan pengiriman pesan otomatis.

Mengutip situs WhatsApp, berikut langkah-langkah mengirimkan pesan jauh atau away message:

Catatan: Opsi ini hanya tersedia jika kamu telah menetapkan jam buka operasional di profil WA bisnis kamu.

Mengirim pesan WA otomatis juga bisa dilakukan via iPhone. Kamu bisa memulainya dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Pintasan di iPhone.

Aplikasi otomatisasi dari Apple ini memungkinkan kamu menjadwalkan pesan di iPhone hingga satu minggu. Aplikasi ini bisa diunduh gratis dari Apple Store dan membutuhkan ruang 142 MB dan kompatibel dengan iOS 12.0+.

Mengutip Novochat, berikut langkah-langkahnya:

Tahapan pun selesai, nantinya aplikasi Pintasan akan otomatis mengirim pesan kamu pada waktu yang telah diatur sebelumnya. Penting diingat kamu bisa mengedit pesan terjadwal kapan saja. Kamu juga disarankan untuk menonaktifkan ‘Tanya sebelum menjalankan’ untuk mengotomatiskan proses ini sepenuhnya.

Jika ini tidak dinonaktifkan, Pintasan tidak akan berjalan tanpa izin kamu. Akibatnya pesan otomatis tadi tidak bisa dikirimkan sesuai waktu yang telah diatur sebelumnya.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan otomatis ketika kamu menggunakan WhatsApp reguler adalah SKEDit. SKEDit ini bisa diunduh di aplikasi Google PlayStore.

Mengutip Novochat, berikut langkah menjadwalkan pesan WA otomatis di Android menggunakan SKEDit:

Penting diingat, SKEDit bukan fitur bawaan WhatsApp sehingga untuk mengirimkan pesan otomatis kamu harus mengaktifkan beberapa pengaturan lain di ponsel kamu. Jika kamu menonaktifkan opsi ‘Tanya saya sebelum mengirim’, kamu harus menonaktifkan kunci layar ponsel dan pengoptimalan baterai ponsel.

Sebab, fitur ini bisa membatasi kemampuan aplikasi. Selain itu, karena kamu memberi izin mengakses aplikasi perpesanan secara otomatis, hal ini bisa menimbulkan masalah privasi di ponsel kamu.

Nah itu tadi cara-cara mengirim pesan otomatis via WhatsApp Business maupun aplikasi pihak ketiga. Semoga bisnis kamu makin cuan ya detikers!