Apakah Saya Bisa Mandiri Secara Finansial Saat Pensiun?

Apakah Saya Bisa Mandiri Secara Finansial Saat Pensiun?

cnbc-indonesia.com – Apakah saya bisa mandiri secara finansial saat pensiun? Tentu saja bisa!

Temukan rahasianya supaya Anda bisa mandiri secara finansial saat pensiun.

Rubrik Finansialku

Apakah Saya Bisa Mandiri Secara Finansial Saat Pensiun?

Di media sosial, banyak bertebaran bagaimana cara mendapatkan uang banyak. Entah itu tentang pelatihan kerja di luar negeri, pelatihan trading atau pelatihan motivational yang lainnya.

Masing-masing mempunyai jargonnya yang kurang lebih intinya mengajak sukses bersama.

Definisi sukses adalah mempunyai penghasilan yang tinggi sehingga cukup untuk membiayai hidup yang semakin hari semakin mahal.

Jarang sekali definisi sukses itu adalah pada saat tidak mendapatkan pendapatan tapi masih bisa mempertahankan gaya hidup dan tidak menjadi bangkrut.

Menjadi mandiri secara finansial adalah tujuan dari perencanaan keuangan. Kita berinvestasi saat muda dan produktif, pada saat pensiun saatnya kita menuai investasi yang sudah kita tabur.

Mandiri Secara Finansial

Setiap manusia mempunyai siklus hidup yang sama; lahir, tumbuh kembang, dewasa muda, dewasa, pensiun dan tutup usia.

Sepanjang perjalanan tersebut, apakah di sekolah atau di perusahaan tempat Anda berada pernah diadakan literasi keuangan?

Dari yang pernah saya alami, perusahaan memberi banyak KPI dengan iming-iming insentif dan bonus, tentu saja dengan nominal yang banyak. Tetapi apakah ada yang menyinggung bagaimana cara mengelola dan mengatur keuangan?

[Baca Juga: Jarang Diketahui Orang! Ini Rahasia Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun]

Rata-rata karyawan mempunyai sisa dana dari gaji, kemudian sisanya baru ditabung. Tabung ya bukan investasi.

Kita mendapatkan gaji saat muda dan produktif, pada saat pensiun bagaimana kita bisa hidup tanpa mengurangi gaya hidup?

Bagaimana kalau sakit, tidak apa-apa kalau mau agak ribet dikit dan mau nunggu melalui BPJS. Mau mengandalkan balas budi dan pemberian anak, saudara, teman?

Yakin sukses itu banyak uangnya? Atau orang yang pakai barang branded? Atau orang yang punya Maserati atau orang yang sering travelling? Bisa saja sih itu semua disebut sukses pada saat muda.

Atau dalam pandangan yang lebih luas, apakah sukses bagi Anda bisa bertahan hidup sampai tutup usai, tidak menyusahkan siapa-siapa, tidak bangkrut, atau tidak jual aset karena punya perencanaan keuangan yang baik?

Menyiapkan Dana Pensiun

Mandiri secara finansial adalah bisa membiayai hidup sendiri, pasangan dan keluarga tanpa meminjam atau mengharapkan bantuan dan belas kasihan.

Hidup itu harus luas, besar, kaya dan berwarna, yang sederhana itu sikapnya. Lebih baik bisa bermanfaat bagi orang lain.

Dana pensiun sering diremehkan oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan masih lama waktu mencapai pensiun, dengan pemikiran pasti terkejar untuk membentuk investasinya.

Dana pensiun masuk ke dalam pilar ke empat dalam basic financial plan, dimana dana tersebut jika dibentuk semakin awal semakin baik.

Adapun cara menyiapkan dana pensiun, yaitu:

#1 Tentukan Bagaimana Gaya Hidup Anda Nanti di Hari tua

    75%-85% jika hendak bergaya hidup sederhana

    86%-100% jika hendak mempertahankan gaya hidup saat ini

    101-120% jika hendak memulai bisnis.

Semua asumsi diatas adalah saat semua cicilan atau utang KPR, KPM dan biaya pendidikan sudah selesai terlaksana.

[Baca Juga: Komik: Mau Keluar Dari Roda Putar? Yuk Raih Kebebasan Finansialmu Mulai Sekarang!]

#2 Hitung Biaya Hidup Hari Ini

Penting untuk menghitung biaya hidup untuk 20 atau 30 tahun ke depan sesuai dengan harapan kapan Anda akan pensiun.

Lalu dengan kalkulator keuangan online atau aplikasi, Anda bisa dihitung berapa biaya hari ini akan bernilai di masa depan dengan melakukan asumsi suku bunga dan tingkat inflasi.

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk membuat perencanaan, perhitungan dan persiapan dana pensiun. Anda bisa download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Anda bisa akses Aplikasi.Finansialku.com

#3 Hitung Aset dan Passive Income

Setelah didapat angka dari aplikasi Finansialku, mulailah Anda menghitung aset produktif yang Anda miliki atau hitung passive income Anda yang lain.

Berapa kekurangannya, itulah jumlah dana yang harus Anda investasikan baik lump sum atau regular.

#4 Cari Instrumen Investasi

Mencari instrumen investasi berupa reksa dana atau saham yang sesuai dan bisa menghasilkan rate of return yang diharapkan.

Untuk mempelajari instrumen investasi yang cocok dengan Anda, silakan download dan baca ebook dari Finansialku berikut ini, yaitu:

    Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

    Panduan Investasi Saham untuk Pemula

    Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Disiplin, Komitmen, Konsisten dan Sabar DIBUTUHKAN!

Untuk mencapai mandiri finansial pada saat pensiun, banyak hal yang harus disiapkan dan hal tersebut tidak terjadi dalam satu hari.

Disiplin, komitmen, konsisten dan sabar adalah empat faktor utama dalam membentuk dana pensiun.

Sepertinya ada yang salah dalam mengelola keuangan jika hidup saat muda bermewah-mewah tapi saat pensiun yang terjadi adalah sebaliknya.

Hidup itu seperti roda yang berputar, ada baiknya kita mempersiapkan dana hari tua saat kita muda dan sehat. Because we will never know where life is going to bring us.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku untuk menghitung dana pensiun. Jika Anda kurang yakin dan membutuhkan perhitungan yang lebih detail dan pemberian saran pada instrumen investasi, maka Anda bisa menghubungi Financial Planner Finansialku.

Anda bisa juga menggunakan Menu Tanya Jawab di Aplikasi Finansialku.

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai.

Saya yakin Anda sudah mendapatkan pandangan baru mengenai investasi untuk dana pensiun yang sangat penting. Tidak ada salahnya untuk merencanakan dimulai sejak gaji pertama.

Mungkin ada teman atau kenalan Anda yang perlu membaca artikel ini untuk melakukan lebih memahami mengenai persiapan hidup pada saat pensiun.

Jika Anda share informasi ini, maka Anda akan membuka pemahaman baru akan pembentukan dana pensiun.

Sumber Gambar:

    Mandiri Secara Finansial Saat Pensiun 01 – https://goo.gl/CxnadG

    Mandiri Secara Finansial Saat Pensiun 02 – https://goo.gl/ERc3TT