cnbc-indonesia.com – Menjadi pegawai swasta atau negeri bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Sayangnya pendapatan bulanan yang didapat bagi sebagian orang terkadang belum cukup memenuhi kebutuhannya.

Apalagi saat ini apa-apa serba naik seiring kenaikan harga BBM Pertalite, Solar dan Pertamax yang sudah naik sejak 3 September 2022. Kenaikan itu langsung diikuti oleh sejumlah sektor transportasi, pangan, dan lainnya.

“Karena kondisi saat ini harga-harga barang serba naik, sementara gaji kita tidak ikut naik, maka memang sebaiknya kita mencari penghasilan tambahan agar bisa tetap memenuhi kebutuhan kita,” kata Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho kepada, Senin (12/9/2022).

Jika kamu ingin menambah penghasilan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha sampingan. Ada banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan karyawan swasta tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Usaha sampingan pertama yang bisa dilakukan karyawan untuk mendapat penghasilan tambahan adalah membuka jasa fotografer/videografer. Pekerjaan sampingan ini hanya butuh skill atau keterampilan khusus.

“Pekerjaan yang butuh skill khusus misalnya kita bekerja sebagai fotografer, videografer, sosial media manager, tour guide atau apapun yang pada hakikatnya kita memberikan jasa kita kepada pihak lain,” tutur Andi.

Usaha sampingan lainnya adalah menjadi reseller barang-barang yang dijual secara online. Dengan begini kamu tidak butuh modal besar.

Di sini kamu cukup menjual barang yang disediakan oleh supplier. Kamu bisa mulai menjajakan dagangan melalui media sosial atau melalui e-commerce ternama. Mudah kan?

Di era yang serba modern dan serba cepat ini, segala sesuatu dituntut untuk terlayani dengan cepat pula bahkan untuk makanan. Sayangnya, karena hal ini, banyak orang beralih ke makanan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan.

Menjual bumbu instan atau makanan instan buatan sendiri tentunya akan sangat membantu bagi orang lain yang tidak punya waktu untuk memasak atau menyiapkan makanan sehari-hari. Kamu dapat membantu orang lain menyajikan hidangan yang lebih praktis dengan bumbu dan bahan siap saji.

Ada usaha apa lagi ya? Berlanjut ke halaman berikutnya.

Saat ini bisnis properti memang menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Misalnya, jika komisinya adalah 1% dari harga properti yang dijual, komisi yang Anda dapatkan cukup besar. Namun anda harus memastikan pekerjaan utama anda tidak terbengkalai.

Agar pekerjaan Anda tidak terbengkalai, Anda bisa memilih menjadi broker properti atau kendaraan secara online. Dengan menjadi broker properti atau kendaraan online, Anda dapat melakukan bisnis ini di mana saja dan kapan saja.

Menjalin kerja sama dengan showroom kendaraan bermotor dan beberapa agen perumahan resmi. Bisnis yang satu ini bisa menjadi bisnis sampingan yang sangat menjanjikan bagi karyawan swasta.

“Kita bisa mendapatkan income dari menjadi perantara penjualan produk tertentu semisal jadi agen properti, agen asuransi, join di bisnis MLM, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Selain jasa penerjemahan, banyak dari kita yang dianugerahi keuntungan untuk menjadikannya bisnis yang bisa menghasilkan uang. Salah satu jasa yang paling banyak dicari adalah jasa desain grafis.

Jika Anda memiliki keunggulan dalam desain grafis, gunakan keahlian Anda sebagai bisnis sampingan karyawan. Anda bisa membuka jasa pembuatan logo, spanduk, kartu nama bahkan undangan pernikahan. Promosikan layanan Anda melalui internet atau media sosial agar dapat menarik banyak perhatian orang yang akan menggunakan layanan Anda.

Penyewaan barang merupakan salah satu usaha sampingan karyawan yang juga banyak diminati. Anda bisa membuka usaha penyewaan apapun seperti kamera, perlengkapan camping, baju, kendaraan. Misalnya, Anda memiliki kamera DSLR yang dapat Anda sewakan per jam. Selain kamera, Anda juga bisa menyewakan tripod, lensa dan perlengkapan fotografi lainnya yang Anda miliki.

Untuk menghindari barang sewaan yang rusak, Anda bisa menerapkan sistem deposit terlebih dahulu. Anda akan memotong biaya perbaikan langsung dari deposit yang disetorkan oleh pengguna jasa rental.

Di era teknologi ini, keberadaan blog atau website sudah tidak asing lagi. Pengguna blog dan website tidak hanya sebagai sarana promosi. Kini pengguna blog dan website sudah mulai banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menampilkan citra produknya.

Hal ini tentunya bisa menjadi peluang bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang desain blog atau website. Usaha sampingan karyawan yang satu ini hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet yang memadai.

Tawarkan harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan dalam membuat desain. Jangan lupa untuk mempromosikan jasa pembuatan desain blog dan website melalui media sosial dan internet.

Itulah usaha sampingan karyawan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Jadi berminat melakukan yang mana detikers?