News  

Dirut Pasar Jaya Bekas GM Alfamart, Pemprov DKI Yakin Tak Ada Konflik Kepentingan

Dirut Pasar Jaya Bekas GM Alfamart, Pemprov DKI Yakin Tak Ada Konflik Kepentingan

Suara.com – Pemilihan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Tri Prasetyo, menggantikan Arief Nasruddin mendapatkan sorotan. Pasalnya, Tri sebelum masuk memimpin Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI itu, merupakan General Manager (GM) PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart).

Menanggapi hal ini, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan tidak akan ada konflik kepentingan selama Tri menjabat meski dulunya adalah bos Alfamart. Sebab, Tri sudah melewati mekanisma uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test sebelum dipilih.

“Enggak (ada konflik kepentingan) lah. Sekarang prosesnya ada panitia independen yang melakukan fit and proper. Tentu juga ada pertimbangan-pertimbangan teknsi yang disampaikan,” ujar Sigit kepada wartawan, Sabtu (17/7/2022).

Selain itu, BUMD juga bukan perusahaan yang berorientasi kepada keuntungan semata. Meski bebentuk perusahaan, BUMD juga merupakan pemanjangan dari Pemerintah.

Baca Juga:
Bikin Onar di Minimarket, Tujuh Anggota XTC di Garut Diciduk Polisi

“BUMD sebetulnya adalah korporasi yang menyelenggarakan tugas pemerintahan, tidak korporasi murni yang semata-mata mengejar profit dan keuntungan,” ucapnya.

Pemilihan Tri sebagai Dirut juga disebutnya telah diawasi oleh Badan Pembinaan (BP) BUMD. Karena itu, nama Tri yang diusulkan lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pasar Jaya sudah dijamin layak untuk memimpin.

“Mekanismenya ada tim yang melaksanakan seleksi kemudian ada fit and proper di BP BUMD mengajukan baru kemudian dirapatkan dengan pemegang saham,” pungkasnya.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan