Digital Banking Semakin Dominan

Digital Banking Semakin Dominan

cnbc-indonesia.com – JAKARTA, Teknologi informasi yang semakin berkembang nyatanya telah membawa kita memasuki babak baru di berbagai sisi kehidupan, sebut saja dalam bertransaksi keuangan. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, nilai transaksi digital banking pada tahun 2022 meningkat 28,72 persen yoy menjadi Rp52.545,8 triliun.

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

Hal tersebut mengingat transaksi ekonomi dan keuangan digital telah berkembang pesat ditopang naiknya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, luasnya dan mudahnya sistem pembayaran digital, serta cepatnya digital banking.

Dominansi transaksi keuangan berbasis daring ini tidak lagi menjadi layanan masa depan, namun sudah menjadi keharusan. Bahkan Bank Indonesia menyatakan bahwa di tahun 2023, transaksi digital banking diproyeksikan mengalami pertumbuhan 22,13 persen secara tahunan (year on year/yoy), mencapai Rp64.175,1 triliun.

Digital banking juga dikatakan memiliki dampak positif pada keberlanjutan lingkungan. Melalui penggunaan kertas dan kebutuhan perjalanan fisik ke bank yang semakin di minimalisir, digital banking dapat membantu mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan.

Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono dalam satu kesempatan menyampaikan urgensi terkait digitalisasi di era dunia yang serba cepat ini.

“Berkembangnya era digital yang begitu pesat telah menjadi tantangan tersendiri bagi dunia industri, khususnya perbankan. Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) harus menjadi perhatian ekstra bagi perusahaan agar tetap dapat exist. Masyarakat kini sudah semakin pintar dan pemilih dalam menentukan produk yang akan digunakan oleh mereka, apakah fitur dan layanan produk ini lebih baik dibanding ini atau sebaliknya,” ujar Yudistira.

Oleh karena itu, Yudistira menekankan pentingnya inovasi dalam sebuah produk. Menurutnya, inovasi fitur dan layanan yang dilakukan secara konsisten dan berkala akan memberikan pengaruh yang cukup besar.

“Contohnya, MotionBanking sebagai aplikasi digital banking milik MNC Bank ini terus kami upgrade kemudahan layanan dan fiturnya, dan itu kami lakukan terus menerus. Nah, dengan konsistensi peningkatan layanan yang dilakukan secara berkala tersebut, pengguna MotionBanking pastinya berfikir bahwa MNC Bank memang serius sekali menggarap segmen digital bankingnya,” katanya.

Yudistira juga menambahkan, salah satu fitur MotionBanking yang benar-benar membantu memudahkan nasabah dalam bertransaksi adalah layanan tarik dan setor tunai di seluruh jaringan Indomaret.

“Bayangkan saja, saat ini MotionBanking punya fitur tarik dan setor tunai di seluruh jaringan Indomaret di Indonesia. Itu kan tandanya mereka (nasabah) gak perlu lagi jauh-jauh ke Bank, karena secara akses Indomaret pasti lebih dekat dari rumah kita,” ucapnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai MNC Bank, hubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank dan @motionbankingid di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.

Serta jangan lupa untuk menikmati layanan perbankan digital MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple App Store melalui tautan berikut https://bit.ly/MTNBanking.

Yuk cek tutorial fitur di MotionBanking sbb:
– Split Bill: https://bit.ly/TutorSplitBill
– Transfer Dana Menggunakan Nomor HP: https://bit.ly/TutorTrfNoHP
– Pengajuan Kartu Kredit Online: https://bit.ly/TutorApplyCC

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News