Cara Tambah Daya Listrik Online di HP via PLN Mobile, Mudah dan Praktis

Cara Tambah Daya Listrik Online di HP via PLN Mobile, Mudah dan Praktis

cnbc-indonesia.com – – Bagaimana cara tambah daya listrik di PLN ? Dulu, untuk tambah daya listrik, pelanggan perlu mengunjungi kantor PLN wilayah domisili. Kini, Perusahaan Listrik Negara atau PLN telah menyediakan layanan tambah daya listrik secara online.

Sebagaimana cukup umum diketahui, besar daya listrik PLN untuk segmen rumah tangga di Indonesia tersedia dalam beberapa jenis, mulai dari 900 Volt Ampere (VA), 1.300 VA, 2.200 VA, 3.500 VA, 5.500 VA, dan 6.600 VA.

Besar daya listrik PLN tersebut dapat dipilih pelanggan sesuai kebutuhan pribadi. Pelanggan juga dapat mengajukan permohonan perubahan daya listrik apabila daya listrik yang terpasang saat ini dirasa kurang.

Penambahan daya listrik biasanya dibutuhkan saat pelanggan butuh untuk mengoperasikan banyak perangkat elektronik. Dengan daya listrik yang lebih besar, pelanggan jadi bisa mengoperasikan banyak perangkat elektronik tanpa khawatir alirannya mati karena tak kuat.

Bila berencana untuk tambah daya listrik, pelanggan saat ini dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang tersedia di handphone (HP). Untuk cara tambah daya listrik online di HP via PLN Mobile, berikut adalah penjelasannya.

Cara tambah daya listrik online di HP lewat PLN Mobile

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di (untuk HP Android) atau (untuk iPhone).
  • Jika sudah punya, silakan buka aplikasi PLN Mobile dan pastikan telah login akun.
  • Sebelum bisa mengajukan permohonan penambahan daya listrik di PLN Mobile, pastikan telah melakukan verifikasi akun. Caranya kunjungi menu “Profil” dan klik opsi “Updgrade Akun”, lakukan verifikasi akun dengan menyertakan KTP.
  • Setelah tervirifikasi, kunjungi menu “Ubah Daya dan Migrasi” yang terdapat di halaman awal PLN Mobile dan klik “Mulai”.
  • Pilih ID pelanggan yang telah didaftarkan pada PLN Mobile
  • Tentukan koordinat lokasi yang sesuai dan lengkapi data lokasi dengan benar.
  • Pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (Pra/Pascabayar), serta peruntukan listriknya.
  • Kemudian, lengkapi data pemohon dengan benar dan bakal muncul halaman ringkasan permhononan. Setelah itu, pilih “Kirim Permohonan”.
  • Selanjutnya, selesaikan pembayaran biaya tambah daya sesuai metode yang tersedia.
  • PLN Mobile bakal memberikan notifikasi apabila pembayaran berhasil dilakukan.

Dikutip dari laman resmi PLN, setelah 2 hari kerja dari permohonan itu berhasil dikirim, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk melakukan penjadwalan penambahan daya.

Selanjutnya, petugas bakal mendatangi lokasi dan membuka meteran listrik, mengganti MCB (saklar meteran), serta menyegel MCB yang baru. Demikianlah penjelasan seputar cara tambah daya listrik online via PLN Mobile di HP, semoga bermanfaat.