Bisnis  

Cara Memulai Bisnis Kuliner yang Berlokasi di Pinggir Jalan Raya, Biar Cepat Laku, Simak 6 Tips Ini!

Cara Memulai Bisnis Kuliner yang Berlokasi di Pinggir Jalan Raya, Biar Cepat Laku, Simak 6 Tips Ini!

cnbc-indonesia.com – Memulai bisnis kuliner di pinggir jalan raya memang akan mendatangkan optimisme bahwa bisnis pasti cepat laku. Tetapi ternyata tidak juga lho. Banyak juga bisnis yang gulung tikar meski bisnis tersebut dibuka di pinggir jalan raya.

Oleh karena itu, mengutip YouTube Foodizz Channel, berikut 6 tips membuat bisnis pinggir jalan sukses besar!

1. Traffic dan populasi sangat penting

Berjualan di pinggir jalan raya berarti mengusung konsep convenient yakni tempat yang mudah didatangi. Oleh karena itu, traffic dan populasi sangat penting. Bahkan, meski traffic tidak ramai, tetapi populasinya padat penduduk, bisnis bisa moncer lho.

2. Pastikan menjual produk yang menjadi kebiasaan dibeli di pinggir jalan

Identifikasi siapa yang biasanya lewat di depan bisnis kita. Karena, apa yang kamu jual di pasar swalayan akan berbeda dengan apa yang kamu jual di terminal lintas kota. Jadi, harus dilihat kebutuhan produk mereka itu apa. Dan juallah yang sudah biasa dibeli orang.

Misalnya seperti saat bulan puasa, menjelang berbuka, orang-orang pasti memburu gorengan. Meski kanan-kiri sama-sama berjualan gorengan, tetapi pasti habis laku terjual.

3. Pastikan titik jualan kamu terlihat dan menarik

Di semua bisnis pinggir jalan raya, persoalan bisnis tersebut ramai atau enggak biasanya karena terlihat atau tidaknya. Jadi, pastikan apa yang kamu jual itu kelihatan. Jangan sampai plang banner buatan kamu tertutup pohon atau gerobak lainnya. Buat plang dengan sisi tegak lurus dan di atas gerobak agar pengendara tetap kelihatan dari jauh. Dan pastikan produk kamu menarik secara visual.

4. Perhatikan higienitas dan layanan

Meski berjualan di pinggir jalan, tetap perhatikan higienitas dan pelayanan. Jangan sampai kamu atau karyawan kamu melayani pelanggan dengan ketus. Pastikan selalu melayani dengan senyum dan ikhlas. Serta tunjukkan higienitas dengan menggunakan sarung tangan.

5. Pastikan harga bersaing

Di saat poin 1-4 sudah kamu lakukan, jangan lupa untuk tetap melakukan persaingan harga. Apalagi dengan bisnis di pinggir jalan, tak harus lebih murah yang penting harganya bisa sama dengan yang lainnya. Sekalipun ingin membuat produk dengan harta tinggi, buatlah produk signature dengan tetap menjual produk yang harganya bersaing.

6. Tambahkan wow factor agar jadi viral

Terakhir, pastikan untuk menambahkan wow factor agar produk kamu jadi viral. Banyak bisnis kuliner yang viral di TikTok meski jualan di pinggir jalan sehingga banyak orang dari luar kota yang sampai datang hanya untuk mencoba.
Pastikan kamu mencoba 6 tips ini ya agar bisnismu sukses dan berjalan lancar. Selamat mencoba!