Buka ASEAN Para Games 2022, Wapres: APG Berikan Kesetaraan

Buka ASEAN Para Games 2022, Wapres: APG Berikan Kesetaraan

Solo: Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi membuka perhelatan akbar ASEAN Para Games (APG) ke-11 Tahun 2022, Sabtu malam, 30 Juli 2022. Pembukaan ditandai dengan pencabutan keris oleh Ma’ruf Amin diteruskan dengan peluncuran maskot ASEAN Para Games 2022, bernama Rajamal.
 
“Setelah sempat tertunda karena covid-19, saya gembira bisa hadir di Stadion Manahan Solo untuk membuka acara istimewa ini. ASEAN Para Games (APG) 2022 menjadi sumber inspirasi dan memberikan makna kesetaraan. APG istimewa karena atlet Para Games merupakan atlet terbaik yang berjuang untuk memperjuangkan nama negaranya,” papar Ma’ruf, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam, 30 Juli 2022.
 
Acara pembukaan ASEAN Para Games 2022 diawali dengan penampilan-penampilan dari sejumlah seniman dan artis lainnya. Beberapa di antaranya penyanyi keroncong asli Solo, Endah Laras, serta komika Dodit Mulyanto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, penampilan tari-tarian daan parade atlet kontingen APG 2022 menjadi pelengkap acara pembukaan. Dalam sambutannya, Ma’ruf mengucapkan selamat datang pada para atlet dan membeberkan tentang Solo yang memiliki sejarah berharga di bidang olahraga.
 
Baca: Polisi Perketat Pengamanan Jelang Pembukaan ASEAN Para Games di Solo
 
“Selamat datang di Indonesia, khususnya di Solo, para atlet kebanggaan dari kawasan Asia Tenggara. Di Kota Solo kaya akan kebudayaan sekaligus menjadi tuan rumah National Paralympic Commitee. Di kota inilah pertama kali Pekan Olahraga Nasional (PON) diselenggarakan tahun 1948. Dan tahun ini, Kota Solo menjadi tuan rumah ASEAN Para Games untuk kedua kalinya setelah APG ke enam tahun 2011,” ucap Wapres.
 
Ma’ruf memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022. Dia berharap perhelatan tersebut semakin mempererat persahabatan antar negara di Asia Tenggara.
 
“Saya apresiasi dan ucapkan selamat pada Gubernur Jateng dan jajarannya. Khususnya Wali Kota Solo atas segala kerja keras yang telah dilakukan dalam mempersiapkan penyelenggaraan APG 2022. Selamat berjuang untuk seluruh atlet, berjuang dalam kompetisi sehat dan sportif. Saya berharap ASEAN Para Games 2022 akan menjadikan komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh,” ungkapnya.
 

(NUR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan