Bisnis  

Upgrade Ethereum Shanghai Versi Shadow Sudah Meluncur

cnbc-indonesia.com – Jaringan Ethereum kembali mendapat sorotan setelah melanjutkan upgrade Ethereum Shanghai dengan meluncurkan versi shadow-nya.

Sebelumnya, Ethereum telah menjadi jaringan yang ramah lingkungan berkat pembaruan The Merge, mengalihkan konsensusnya ke Proof of Stake (PoS), mengurangi jejak karbon lebih dari 99 persen.

Saat ini, para pendukung tengah menantikan upgrade Ethereum Shanghai yang dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan Maret 2023. Ini akan memungkinkan pemegang koin Ether (ETH) untuk menarik staking ETH mereka dengan nilai total sekitar US$26 milyar.

Upgrade Ethereum Shanghai Begitu Dinanti

Berdasarkan laporan Decrypt, tim pengembang inti Ethereum telah berhasil meluncurkan versi shadow dari upgrade Ethereum Shanghai, yang diumumkan pada awal pekan ini (23/1/2023).

Versi shadow ditujukan untuk menguji kemampuan untuk penarikkan aset ETH yang di-staking, yang akan berfungsi secara penuh di peluncuran utama Shanghai.

Versi shadow juga sebagai latihan lengkap untuk peningkatan sistem. Versi ini memungkinkan pengembang untuk menguji kekurangan desain dan menemukan masalah yang belum terselesaikan, jika ada.

Peluncuran ini juga menjadi dasar untuk meninjau upgrade Ethereum Shanghai yang sangat dinantikan, membawa opsi yang dinantikan dalam ekosistem, penarikan aset staking.

Sekadar informasi, para investor dan pendukung telah melakukan staking koin ETH senilai hampir US$26,5 milyar sejak Desember 2020 untuk mendapatkan hadiah setelah jaringan melakukan validasi menggunakan koin, bukan penambangan.

Aset yang di-staking dan hadiahnya hanya dapat diambil oleh para investor setelah Shanghai sudah diluncurkan secara penuh. Itulah mengapa, upgrade ini sangat dinantikan.

Artinya, tim Ethereum masih memiliki waktu sekitar lima sampai delapan minggu ke depan untuk menyempurnakan fitur penarikan staking dan menjadi prioritas utama tim pengembang.

Bahkan, beberapa pembaruan pun harus ditunda demi mempercepat datangnya fitur penarikan, seperti proto-danksharding dan EOF, pembaruan yang sangat dibutuhkan dan telah ditunda selama bertahun-tahun, untuk membawa peningkatan pada Ethereum Virtual Machine (EVM).

Namun ada sedikit kekhawatiran yang melanda para investor karena, akan ada aksi jual yang besar jika aset dan hadiah yang di-staking sudah dapat ditarik. Ini bisa membawa gelombang jual yang patut diwaspadai jika benar terjadi. Mari kita saksikan. [st]

error: Content is protected !!