Bisnis  

Sebelum Crypto Winter 2022 Datang, VC yang Didirikan Peter Thiel Ternyata Take Profit US$1,8 Miliar

cnbc-indonesia.com – Founders Fund, venture capital (VC) yang didirikan bersama oleh miliarder Peter Thiel, ‘menutup’ hampir semua posisi berusia 8 tahun pada kripto tidak lama sebelum market mulai ambruk pada tahun 2022. Take profit atau penjualan itu menghasilkan return sekitar US$1,8 miliar.

FT pada hari Kamis (19/1) melaporkan bahwa sumber yang mengetahui persoalan ini mengatakan VC yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat (AS), itu melakukan investasi pertamanya dalam Bitcoin pada awal tahun 2014.

Mereka kemudian berinvestasi dalam jumlah besar di kripto. Sekitar 2/3 dari keseluruhan investasinya digunakan untuk membeli Bitcoin.

Founders Fund menjual sebagian besar dari keseluruhan portofolio kripto mereka pada akhir Maret 2022, sebelum market kripto tersapu oleh krisis yang mulai datang pada Mei 2022, ketika ekosistem Terra mengalami kehancuran dahsyat.

Saat ini, VC itu disebut tidak memiliki eksposur yang signifikan terhadap kripto. Adapun laporan mengenai ‘penghentian taruhan kripto’ dari Founders Fund belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Cari Selamat Sebelum Crypto Winter Datang?

Peter Thiel adalah salah satu investor arus utama paling awal yang membeli Bitcoin dalam jumlah besar dan kemudian menjadi bullish pada mata uang digital.

Pada April 2022, kira-kira pada waktu yang sama ketika Founders Fund menjual sebagian besar kepemilikan kripto mereka, dia mengatakan bahwa dia optimis tentang masa depan Bitcoin.

Dalam gelaran Bitcoin Conference, dirinya mengatakan, “Kita berada di akhir rezim uang fiat.”

Dia pun memperkirakan harga Bitcoin, yang waktu itu berada di sekitar US$44.000 per BTC, dapat meningkat menjadi 100 kali lipat.

Tidak hanya itu, Peter Thiel mengatakan bahwa kepala eksekutif JPMorgan, Jamie Dimon, dan CEO BlackRock, Larry Fink, perlu mengalokasikan sebagian dana mereka untuk Bitcoin.

“Kita perlu mendorong mereka kembali,” kata Peter Thiel.

Sebagai catatan kasar, harga Bitcoin yang diluncurkan pada tahun 2009 melonjak secara dramatis di sekitar US$750 pada tahun 2014, melompat ke level tertinggi sepanjang masa (ATH) lebih dari US$65.000 pada November 2021.

Namun, harganya sekarang merosot dan tidak stabil dengan beberapa penurunan dalam jumlah nilai yang besar, termasuk ambruk ke level sekitar US$15.500 pada November 2022 seiring hancurnya crypto exchange FTX.

Berdasarkan pantauan di CoinGecko, harga Bitcoin saat ini berada di sekitar level US$20.731.

Peter Thiel, Salah Satu Investor Tersukses di Silicon Valley

Peter Thiel merupakan pendukung besar dari sejumlah kandidat Partai Republik dan pendukung mantan Presiden AS ke-45 Donald Trump. Dia adalah co-founder dan mantan CEO raksasa teknologi keuangan (fintech) PayPal yang terkadang disebut sebagai ‘don’ di PayPal Mafia.

Istilah PayPal Mafia sering digunakan untuk menggambarkan sekelompok mantan pendiri dan karyawan PayPal yang telah mendirikan sejumlah perusahaan teknologi lainnya. Adapun Elon Musk turut masuk dalam daftar PayPal Mafia karena perusahaan X.com yang dia dirikan dikombinasikan dengan Confinity yang turut didirikan oleh Peter Thiel, hingga akhirnya menjadi PayPal.

Kini, Peter Thiel menjelma menjadi salah satu investor paling sukses di Silicon Valley, termasuk menjadi investor pertama yang mendukung Facebook.

Pergeseran Founders Fund dari market kripto, yang telah menjadi salah satu posisi intinya, adalah salah satu dari sekitar 9 exit besar yang mereka buat antara tahun 2020 dan akhir tahun 2022. Hal ini memungkinkan VC tersebut memberikan return sekitar US$13 miliar kepada para investornya.

Founders Fund memiliki lebih dari US$11 miliar dalam dana yang mereka kelola. Hal itu termasuk US$5 miliar modal yang dikumpulkan dari 2 dana kelolaan pada tahun lalu, dan telah mengambil saham di lebih dari 100 perusahaan seperti SpaceX, Lyft, hingga Anduril.

Dana yang dikelola Founders Fund dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham ekuitas di OpenAI, pengembang di balik chatbot bertenaga artificial intelligence (AI) ChatGPT yang saat ini sedang fenomenal dengan valuasi perusahaan mencapai US$29 miliar.

Bagaimana pendapat Anda tentang aksi dari VC yang didirikan Peter Thiel ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

error: Content is protected !!