Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dokter kecantikan, Richard Lee akhirnya buka suara terkait kasusnya dengan Kartika Putri soal pencemaran nama baik.

Saat ditemui di kawasan Kuningan, Richard Lee menjelaskan alasan dirinya baru buka suara usai selama ini lebih banyak memilih diam.

Diketahui awal mula permasalahan itu terjadi ketika Richard Lee mengulas produk Kartika Putri berdasarkan uji lab.

Baca juga: Raffi Ahmad Diminta Masuk Pesantren oleh Habib Usman bin Yahya, Kartika Putri: Aku Potong 10 Sapi

“Konferensi pers pertama yang bicarakan kasus saya dengan Kartika setelah berapa lama ngga bicara. Saya bukan ga mau ngomong memang mau cooling down saya putuskan bicara karena engga ada cara lain,” kata Richard Lee, Senin (29/8/2022).

Richard Lee bahkan meminta pertimbangan kasusnya ini ke Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengetahui apakah permasalahan yang dilakukannya melanggar hukum.

Setelah melakukan pertimbangan yang dilakukan IDI, Richard Lee menegaskan bahwa review produk kecantikan yang ia lakukan merupakan hal wajar untuk edukasi.

“Berdasarkan hukum dan rekomendasi serta pertimbangan yg dilakukan tim IDI yang disampaikan kepada ketua umum, bahwa pada dasarnya apa yang sampaikan oleh dr Richard dalam video yg disampaikan masih dalam ranah edukasi yang wajar,” kata Dokter Richard Lee membacakan surat resmi dari IDI.

Baca juga: Oknum Notaris Punya Itikad Baik, Tapi Kartika Putri Belum Cabut Laporan Kasus Mafia Tanah, Kenapa? 

Sehingga menurut Richard Lee ia tidak melanggar hukum. Sebab dirinya hanya melakukan edukasi sesuai dengan kompetensinya sebagai dokter kecantikan.

“Jadi ini adalah surat resmi dari IDI yang menyatakan bahwa apa yang saya lakukan adalah edukasi yang wajar, edukasi sebagaimana mestinya dokter sesuai dengan kompetensi saya,” ujar Richard Lee.

Richard Lee Bicara Soal Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik Kartika Putri, Bawa Surat IDI, Ini Isinya
Usai Diamankan Polisi, Richard Lee Tawarkan Perdamaian Pada Kartika Putri (kolase/instagram/dok Tribunnews.com)

Lebih lanjut, ia meminta pihak kepolisian untuk menghentikan kasusnya apabila tidak terbukti bersalah.

“Minta dengan sangat ke kepolisian beri kebijaksanaan dengan kedepankan keadilan jika tidak memenuhi unsur pidana dapat dihentikan,” pungkasnya.

Diketahui, Kartika Putri melaporkan Richard Lee atas dugaan pencemaran nama baik usai membuat video reaksi atas ulasan Kartika soal suatu produk kecantikan.

Richard Lee menyebut bahwa produk yang digunakan Kartika berbahaya untuk kulit. Tak terima dengan ucapan Richard Lee, Kartika pun membuat laporan atas dugaan pencemaran nama baik.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.