Bisnis  

PUPR Dorong Penerapan Teknologi RISHA Mudah dan Cepat

PUPR Dorong Penerapan Teknologi RISHA Mudah dan Cepat

cnbc-indonesia.com – JAKARTA, Investor.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong penerapan teknologi rumah instan sederhana sehat (RISHA) dalam dalam proses perakitan struktur rumah tahan gempa.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengatakan, struktur bangunan RISHA yang sederhana dan mudah dibangun diharapkan bisa menjadi solusi dalam penanganan pasca bencana terutama untuk menyediakan hunian layak huni bagi masyarakat.

“Komponen struktur RISHA ini sangat mudah untuk diaplikasikan di lapangan. Selain itu proses pembangunannya juga mudah dipelajari dan tidak membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama,” ungkap Iwan Suprijanto, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/3/2023).

Pemerintah, imbuhnya, tidak main-main dalam penanganan pasca bencana alam. Hal itu dikarenakan masyarakat yang terdampak membutuhkan hunian yang layak dalam waktu cepat sehingga tidak terlalu lama tinggal di tenda pengungsian.

“RISHA merupakan teknologi inovasi yang dikembangkan oleh PUPR sebagai solusi dalam penanganan pembangunan rumah layak huni dalam waktu singkat. Bangunan RISHA berupa sistem modular rumah berbentuk panel,” katanya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera V Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Johnny Rakhman menjelaskan, Balai P2P Sumatera V bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang mengadakan Training of Trainers (ToT) yaitu Pembekalan Calon Instruktur Pelatihan Perakit Struktur Bangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) di Provinsi Sumatera Selatan. Lokasi pelatihan berada di Rumah Susun Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Kabupaten Banyuasin selama enam hari dan diikuti puluhan peserta.

Sebanyak 16 pegawai yang berlatar belakang pendidikan teknik sipil dari Balai P2P Sumatera V dan Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Selatan juga turut berpartisipasi mengikuti pelatihan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian SDM di lingkup Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera V terutama dalam memahami pembuatan dan perakitan panel RISHA sehingga dapat dimanfaatkan untuk relokasi bangunan pasca gempa.

“Kami berharap peserta mampu mengaplikasikan ilmu perakitan RISHA yang sudah diberikan dengan maksimal,” ujarnya.

error: Content is protected !!