Bisnis  

Pemkot Cilegon gandeng Chandra Asri dan KS bangun Pelabuhan Warnasari

cnbc-indonesia.com – Pemerintah Kota Cilegon, Banten, menggandeng dua perusahaan besaryakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk(CAP) dan PT Krakatau Steel Tbk(KS) untuk bekerja sama membangunPelabuhan Warnasari, Cilegon, yang selama ini belum terealisasi.

“Alhamdulillah, kami bertiga (Pemkot Cilegon, CAP dan KS) sepakat membangun Pelabuhan Warnasariuntuk masyarakat Kota Cilegon,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, kesepakatan tiga pihak itu merupakan sejarah bagi Kota Cilegon, terlebih lagi dengan bersinerginya Pemkot Cilegon bersama dua industri raksasa pada bidang kimia dan baja itu untuk membangun pelabuhan.

“Tidak mudah menyatukan tiga kepentingan dalam suatu program, terlebih lagi dalam konsep pemerintahan melalui BUMD (badan usaha milik daerah),” katanya.

Kerja sama tersebut, lanjutnya, tidak hanya untuk kepentingan bisnis semata, tetapi juga masyarakat yang lebih besar, seperti penyerapan tenaga kerja lokal, tumbuhnya usaha ekonomi mikro, meningkatkan pendapatan asli daerah dan bermanfaat bagi masyarakat Cilegon.

Pada Selasa (7/3/2023), Helldy bersama Presiden Direktur CAPErwin Ciputra dan Direktur Utama KSPurwono Widodo mengadakan pertemuan di Jakarta.

Dari pertemuan tersebut, menurut Helldy, ketiga pihak menemukan kesamaan pemikiran untuk segera mewujudkan Pelabuhan Warnasari.

Salah satu keputusan penting dalam pertemuan tersebut adalah rencana penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) yang akan dilaksanakan pada Jumat (17/3/2023) sebagai kelanjutan dari kesepakatan bersama yang pernah dilakukan antara Pemkot Cilegon dan KS pada 21 September 2022.

Untuk menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut akan ditunjuk personin charge (PIC) dari masing-masing pihak yang secara maraton akan mematangkan persiapan penandatangan kesepakatan bersama.

error: Content is protected !!