Bisnis  

Naik 267%, Harga Aptos All Time High! Ini Faktornya

cnbc-indonesia.com – Aptos (APT) menjadi salah satu altcoin dengan performa terbaik. APT diperkirakan telah tumbuh 267% selama Januari 2023, menurut Coinmarketcap.

Saat ini, menurut data Coinmarketcap (23/1/23) siang, APT menyentuh harga $13,98 dengan volume perdagangan sebesar 8,51%. Sebelumnya, APT menyentuh harga tertinggi di angka $14,8 pada 22 Januari 2023.

Secara kumulatif, APT telah melonjak 95% dalam sepekan dan 267% dalam periode 30 hari, ini merupakan rekor tertingginya. Apa yang menyebabkan koin pendatang baru ini melonjak signifikan? Berikut faktornya.

Reli Bitcoin Dorong Pertumbuhan Aptos

Pasar kripto menunjukkan performa yang luar biasa di awal tahun 2023, dengan reli Bitcoin (BTC) mencapai 38%. Menurut data Coinmarketcap (23/1/23) siang, harga BTC menyentuh $22,728, dan dalam 24 jam terakhir hanya mengalami penurunan kurang dari satu persen.

Menyusul reli BTC, sejumlah altcoin juga mengalami kenaikan valuasi harga. Salah satunya Aptos yang naik 54,73% dalam 24 jam terakhir.

Sebagai koin pendatang baru, Aptos melampaui performa koin lainnya di berbagai sektor. Aptos hampir mendekati posisi peringkat koin senior yaitu, Ethereum (ETH), Solana (SOL), Ripple (XRP), dan Bitcoin (BTC).

Dipicu oleh Sejumlah Proyek Kripto

Kenaikan harga APT diduga karena beberapa proyek yang baru saja diumumkan. Bursa pertukaran kripto terbesar, Binance, sempat membuat pengumuman terkait biaya listing proyek baru terkait layanan Liquid Swap (20/1/23).

Menurut blog resmi Binance, biaya listing untuk proyek baru akan meningkat dari 1% menjadi 3%. Layanan Liquid Swap di Binance diperluas, mencakup Aptos (APT/BTC dan APT/USDT).

Binance mengumumkan, pihaknya membuka kumpulan likuiditas baru yang akan melayani pasar yang berbeda. Layanan ini akan beroperasi mirip dengan pertukaran DeFi lainnya, yang terdiri dari kumpulan likuiditas berbeda, masing-masing berisi dua token digital yang dapat diperdagangkan.

Binance turut angkat suara menyoal rencananya bersaing dengan Solana dalam sektor ini. Setelah berita tersebut beredar, terjadi peningkatan signifikan pada pasar Aptos.

Selain itu, merujuk akun Twitter resmi @AtomicWallet, Aptos diberitakan menggandeng Atomic Wallet dalam sebuah proyek. Proyek antara keduanya ditujukan untuk menciptakan jaringan yang dapat diskalakan, andal, dan dapat ditingkatkan, memberi lebih banyak orang akses ke web3 dan keuangan terdesentralisasi.

Dalam blog resmi Atomic Wallet, dijelaskan bahwa blockchain tersebut akan dibangun menggunakan bahasa pemrograman Move. Sejumlah penambahan mekanisme konsensus BFT dan proof-of-stake juga dilakukan guna mendukung stabilitas dan keandalan jaringan.

error: Content is protected !!