Bisnis  

Meski Sukses Gelar Hard Fork Vasil, TVL di Cardano Justru Amblas ke Level Terendah selama 8 Bulan Terakhir

Meski Sukses Gelar Hard Fork Vasil, TVL di Cardano Justru Amblas ke Level Terendah selama 8 Bulan Terakhir

cnbc-indonesia.com – Di bulan Maret lalu, Cardano berhasil mencatatkan pencapaian total value locked (TVL) tertingginya untuk tahun ini. Tepatnya di angka US$326 juta. Namun, jika kita melihat jumlah TVL Cardano saat ini, artinya sudah ada penurunan 76% dari capaian saat Maret.

Crypto winter memberikan berbagai dampak kepada proyek-proyek berbasis kripto. Di samping mengalami penurunan harga, angka total value locked (TVL) dalam blockchain berkonsensus proof-of-stake (PoS) juga menurun.

Secara singkat, TVL adalah jumlah aset kripto yang terkunci dalam proses staking (staked). Di samping memberikan pendapatan pasif bagi pengguna, aset staked juga berguna untuk meningkatkan keamanan dari jaringan terkait.

Salah satu dari antara jaringan berkonsensus PoS adalah Cardano. Proyek blockchain ini merupakan karya dari Charles Hoskinson. Pada masa puncaknya di Maret tahun ini, jaringan buatan co-founder Ethereum itu sanggup menorehkan pencapaian TVL sebanyak US$326 juta. Namun, angka tersebut akhirnya menyusut 76% di bulan Oktober, dan kini hanya menjadi US$77 juta.

Menurut statistiknya, TVL Cardano belum pernah berada di bawah level support US$80 juta dari sejak Januari 2022. Oleh karena itulah, bisa kita simpulkan bahwa angka TVL di bulan ini merupakan yang terendah selama 8 bulan terakhir. Dengan kata lain, terendah sepanjang tahun ini.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh DefiLlama, jaringan Cardano berada di peringkat ke-27 dalam hal TVL. Sementara itu, peringkat lima besar diisi oleh Ethereum (US$32 miliar), TRON (US$5,7 miliar), BNB Chain (US$5,48 miliar), Avalanche (US$1,6 miliar), dan Polygon (US$1,37 miliar).

Harga ADA Masih Loyo usai Hard Fork Vasil

Kondisi ini sekaligus menunjukkan bahwa kehadiran hard fork Vasil di Cardano belum mampu mengerek minat para investor terhadap native token Cardano, yaitu ADA. Terlepas dari kesuksesan upgrade ini di akhir bulan lalu, harga ADA malah gagal untuk kembali pulih.

Padahal, para developer di Input Output Global (IOG) menganggap bahwa Vasil adalah “upgrade paling ekstensif” di jaringan Cardano sejauh ini. Vasil sendiri memang dirancang untuk menaikkan kapasitas jaringan, menurunkan biaya transaksi, dan meningkatkan transaksi.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Sampaikan pendapat Anda kepada kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!