Bisnis  

Mengapa Harga Altcoin Melejit Hari Ini, Kebal Berita Negatif Genesis Bangkrut?

cnbc-indonesia.com – Harga altcoin pada Jum’at (20/1/2023) melejit walaupun salah satu nama besar di industri kripto sedang mengajukan kebangkrutan.

Perusahaan kripto Genesis telah mengajukan kebangkrutan chapter 11 pada kamis malam kemarin dan hal ini dapat menjerumuskan perusahaan induknya yaitu Digital Currency Group (DGC) ke dalam kebangkrutan.

Ironisnya, hal tersebut membuat banyak altcoin naik tinggi kemarin. Aptos (APT) naik 26,2 persen pada 5 sore, Hedera Hashgraph (HBAR) naik 30,7 persen dan Lido DAO (LDO) naik 15,9 persen.

Hubungan Genesis dengan Naiknya Harga Altcoin

Bangkrutnya Genesis terlihat sebagai berita buruk, tapi ini mungkin memberikan efek positif bagi pasar kripto seperti naiknya harga altcoin dan kripto lain. Memang ini akan membuat situasi jadi tidak pasti, khususnya DCG yang memiliki masalah solvabilitas.

DCG menjalankan grayscale fund dimana secara efektik tersimpan dalam kripto senilai milian dollar AS dan sekarang sedang diperdagangkan dengan nilai lebih rendah.

Tidak hanya aset kripto saja yang terkunci di dalam dana tersebut tetapi juga milyaran dollar dalam Ethereum yang terkunci hingga Shanghai memperbaharui ETH pada Maret 2023 mendatang.

Pemutakhiran tersebut dapat membuka token seperti Lido DAO dimana DAO merupakan otonom organisasi terdesentralisasi.

Co-founder Aptos yaitu Mo Shaikh mengatakan pemutakhiran besar diperkirakan akan terjadi untuk blockchain pada 2023. Kripto meledak pada tahun lalu tapi tidak mencapai penggunaan tertinggi yang dimana diperkirakan para investor akan segera berubah.

Perkembangan Sekarang?

Berita sementara ini mungkin berdampak pada valuasi, seperti serbuan pembelian yang dimulai Jumat pagi juga memberikan dampak terbesar pada harga altcoin dan kripto hari ini.

Dampak pertama kali terlihat pada token ini, tetapi pada Jumat sore terdapat lebih dari selusin token yang naik dengan persentase dua digit, dikutip dari Nasdaq.

Akhir minggu biasanya terjadi trading secara liar karena beberapa sebagin likuiditas pasar diambil secara offline, jika terjadi pergerakan besar maka akan terjadi likuidasi dengan cepat.

Diperkirakan pada awal 2023 akan menjadi tingkat kepastian dari kembalinya pasar. Kebangkrutan beberapa nama besar seperti Genesis memang buruk tetapi kita memperoleh kejelasan dari hasil bisnis ini.

Ketika Three Arrow Capital jatuh pada akhir musim panas kemarin, masih tidak jelas apa dampak terakhir yang akan terjadi pada harga altcoin dan kripto lain. Sekarang, kita mungkin melihat akhir dari penularan tersebut.

Jadi, diperkirakan membeli kripto sangat dianjurkan, tapi jangan berspekulasi pada token yang memiliki sedikit pengguna atau pengembang.

Alih-alih, pilih blockchain dan proyek berkualitas tinggi untuk diinvestasikan, karena di situlah Anda akan menemukan efek jaringan untuk pengembang dan pengguna.

Tapi jangan salah, 2023 akan terus menjadi tahun yang bergejolak bagi industri kripto. Hanya dalam dua minggu terakhir, perpindahan telah dilakukan dengan nilai dua digit hampir setiap hari yang dilihat dari naiknya harga altcoin – jadi bersiap-siaplah. [az]

error: Content is protected !!