Bisnis  

Dihantam Bitzlato dan Genesis, Sentimen Pasar Kripto Sentuh Zona Fear

cnbc-indonesia.com – — Fear and Greed Index yang mengukur sentimen pelaku pasar kripto, kembali menyentuh zona fear setelah dihujam dua isu negatif dari pelaku industri kripto Bitzlato dan Genesis Global Trading pada 19 Januari 2023.

Indeks fear and greed kripto tersebut terlihat menyentuh angka 45 per 19 Januari 2023. Angka 45 berada dalam kategori fear, yang artinya pelaku pasar kripto saat ini sedang dilanda kecemasan.

Bila dibandingkan dengan sentimen sedari awal tahun, saat ini pelaku pasar masih terbilang optimistik. Namun bila dibandingkan dengan indeks dua hari sebelumnya, kini optimisme tersebut mengalami penurunan. Pada 17 dan 18 Januari, Fear and Greed Index menyentuh zona netral.

Kecemasan yang dirasakan pelaku pasar kripto ini ditengarai ikut dipantik pengungkapan dugaan skandal Bitslazo dan Genesis yang mendarat pada 19 Januari dini hari WIB. Bitzlato dituding sebagai safe haven para kriminal, sementara Genesis dilaporkan akan segera bangkrut.

Bitzlato Ditangkap

Departemen Kehakiman (DOJ) Amerika Serikat mengumumkan telah menangkap pemilik Bitzlato, Anatoly Legkodymov dan menutup operasi bursa Bitzlato. DOJ menyebut bahwa bursa kripto yang berbasis di Hong Kong itu diduga merupakan bagian dari jaringan cryptocurrency ilegal besar yang terlibat dalam tindakan kriminal pencucian uang dan menyembunyikan kejahatan.

DOJ menuding Bitzlato mengizinkan pengguna untuk memperdagangkan kripto tanpa memverifikasi identitas mereka. Legkodymov ditangkap karena diduga memproses dana ilegal senilai lebih dari $700 juta dalam bentuk kripto. Khususnya dalam bentuk transaksi yang terkait dengan darkweb marketplace Hydra.

Sedangkan Genesis, dilaporkan akan segera mengajukan kebangkrutan Bab 11 ke pengadilan AS pekan ini. Genesis sebelumnya telah diisukan akan bangkrut sejak November 2021, setelah saga kejatuhan bursa FTX yang monumental.

Genesis yang merupakan anak perusahaan Digital Currency Group (DCG) tersebut juga memiliki utang $900 juta terhadap bursa Gemini karena mereka tidak membayar dana insentif klien dalam program Earn yang disepakati bersama.

Harga Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) turun masing-masing 2,1% dan 3,4% dalam 24 jam terakhir. BTC gagal mempertahankan posisi harga di ambang $21.000-an meskipun telah kembali naik perlahan. Kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan juga turun 2,75% menjadi $969,04 miliar dalam 24 jam terakhir setelah sebelumnya sempat menyentuh angka $1 triliun.

Fear & Greed Index Konsisten Tunjukan Kecemasan Pasar Kripto 3 Bulan Terakhir

In “Blockchain”

Harga Turun Dominasi Naik, Berikut Analisa Bulanan Bitcoin!

In “Analisis bitcoin”

Kapitalisasi Pasar Kripto Mendekati $1 Triliun, Berikut Analisis Pergerakan Harga BTC, ETH, dan BNB, 14 Januari 2023

In “Analisis Pasar Kripto”

error: Content is protected !!