Bisnis  

Developer Ethereum Selesaikan Shadow Fork, Upgrade Shanghai Kian Dekat

cnbc-indonesia.com – Para developer Ethereum mengatakan bahwa mereka berhasil membuat shadow fork (atau salinan blockchain) untuk menyediakan lingkungan pengujian menjelang upgrade penting yang dikenal sebagai hard fork Shanghai.

Shadow fork Ethereum yang terkait dengan upgrade Shanghai, yang juga disebut sebagai Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4895, terjadi pada hari Senin (23/1). Perlu diketahui, shadow fork memungkinkan para developer melihat apakah kode dari upgrade yang diusulkan akan berfungsi dengan baik di blockchain yang sebenarnya.

Beberapa jam setelah fork itu terjadi, ada sejumlah gangguan pada node Ethereum yang menggunakan client Geth. Sebagai catatan, client adalah software yang digunakan oleh node untuk mengoperasikan blockchain, sementara Geth adalah client Ethereum yang paling populer.

Para developer Ethereum sedang bekerja untuk menyinkronkan cadangan client Geth dengan seluruh jaringan. Dalam perkembangannya, para developer dapat memperbaiki masalah itu. Mereka akan menguji lebih banyak untuk memastikan semua berfungsi dengan baik.

Berdasarkan data CoinGecko, harga Ether (ETH) saat ini naik 0,2% dalam 1 jam terakhir; naik 0,6% dalam 24 jam terakhir; dan naik 4,1% dalam 7 hari terakhir.

Akan Terdapat Serangkaian Test Fork

Dalam persiapan untuk upgrade Shanghai, protokol Ethereum akan menjalani serangkaian test fork yang menyalin data dari jaringan utama (mainnet) ke lingkup pengujian.

Shadow Fork adalah test fork yang lebih kecil, yang berfokus pada beberapa perubahan yang perlu terjadi sebelum Shanghai akhirnya dieksekusi pada protokol utama.

Adapun Ethereum selama ini menggunakan beberapa shadow fork untuk pengujian menjelang hajatan The Merge yang merupakan perubahaan besar dari konsensus Proof-of-Work (PoW) menjadi Proof-of-Stake (PoS) yang terjadi pada September 2022. Selain itu, hal tersebut sebenarnya juga meletakkan dasar bagi serangkaian upgrade penskalaan Ethereum di masa mendatang.

Selama shadow fork terbaru ini, para developer Ethereum fokus untuk menciptakan lingkungan pengujian yang akan memungkinkan hadirnya fitur seperti penarikan ETH yang di-staking. Per 2 Desember 2022, platform analitik blockchain Nansen menjelaskan bahwa ada sekitar 14,5 juta ETH atau sekitar lebih dari US$23 miliar yang telah disetorkan ke dalam staking contract Ethereum sejak Desember 2020.

Shadow fork ini menjadi penanda bahwa upgrade Shanghai yang sangat dinantikan menjadi kian dekat untuk direalisasikan ke mainnet Ethereum, yang diharapkan terjadi pada Maret 2023.

Sementara itu, testnet publik untuk upgrade Shanghai akan ditayangkan dalam beberapa waktu ke depan. Sebagai informasi, para developer Ethereum meluncurkan testnet Shandong untuk upgrade Shanghai pada November 2022, tetapi tidak digunakan lagi sehingga mereka dapat memulai testnet baru yang disempurnakan.

Langkah Selanjutnya setelah Upgrade Shanghai

Sebagai pengingat, para developer Ethereum pada 8 Desember 2022 telah menargetkan kapan upgrade Shanghai akan terlaksana.

Selain itu, mereka turut membahas hard fork kedua yang direncanakan setelah upgrade Shanghai terjadi sekitar Maret 2023. Mereka akan memperkenalkan Proto-Danksharding atau EIP 4844, sekitar pada bulan Mei – Juni 2023, atau bisa terjadi pada kuartal III/2023.

Ini merupakan upgrade selanjutnya yang akan meningkatkan kapasitas jaringan untuk menangani lebih banyak transaksi di jaringan Ethereum. Dalam hal ini, Ethereum akan dibuat lebih terukur melalui sharding, sebuah metode yang membagi jaringan menjadi ‘pecahan’, sebagai cara untuk meningkatkan kapasitasnya dan menurunkan biaya gas fee.

EIP 4844 akan memperkenalkan jenis format transaksi baru ke Ethereum yang disebut shard blob transactions, yang akan memungkinkan data off-chain disimpan dan diakses oleh node Ethereum sementara, untuk memenuhi kebutuhan penskalaan berbagai aplikasi blockchain.

Bagaimana pendapat Anda tentang shadow fork menjelang hard fork Shanghai di Ethereum ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.

error: Content is protected !!