Bisnis  

Breaking News Hore! Fase The Merge di Ethereum Akhirnya Rampung

Breaking News Hore! Fase The Merge di Ethereum Akhirnya Rampung

cnbc-indonesia.com – Setelah sekian lama dinantikan dan mengalami banyak penundaan, fase The Merge di Ethereum akhirnya selesai. Pembaruan jaringan ini akan mengganti konsensus jaringan Ethereum dari proof-of-work (PoW) menjadi proof-of-stake (PoS).

Tonggak pencapaian ini terjadi pada hari ini (15/9) pada pukul 13.43 WIB tadi. Peristiwa ini telah terverifikasi melalui aplikasi penghitung mundur yang tersedia di situs Ethernodes.

Selain itu, para anggota Ethereum Foundation juga membagikan cuitan di Twitter tepat saat The Merge selesai.

Dengan demikian, rampungnya fase The Merge pun dianggap sebagai salah satu peristiwa bersejarah di dunia kripto.

The Merge adalah Peristiwa Bersejarah di Industri Kripto

Berkat upgrade ini, maka Beacon Chain secara efektif bakal menyerap habis chain PoW dan beralih sepenuhnya ke mekanisme konsensus PoS, sehingga menurunkan penggunaan daya jaringan Ethereum hingga lebih dari 99%.

Di samping itu, kecepatan transaksi pun diperkirakan akan meningkat sampai 12%. Biaya untuk pengiriman transaksi di jaringan Ethereum bakal turun dengan margin yang sama pula. Terkait hal itu, Olga Kharif dari Bloomberg Quicktake memberikan pendapatnya, sebagai berikut:

“Dalam hal jejak karbon, pada dasarnya seperti operasi internet lainnya yang penggunaan energinya tidak lebih dari menjalankan jaringan komputer, alih-alih perusahaan yang menyerupai pabrik digital raksasa.”

Satu elemen yang perlu disoroti setelah penggabungan chain di Ethereum adalah blockchain ini tak lagi membutuhkan miner atau pengguna dengan komputer bertenaga super untuk menyelesaikan teka-teki matematis sebagai cara mengamankan jaringan dan menciptakan koin-koin kripto baru.

Sebagai gantinya, para staker ETH-lah yang akan menjalankan validasi jaringan. Untuk menjadi validator node di Ethereum, butuh minimal 32 ETH untuk “dikunci” (staking). Angka ini tergolong sebagai investasi besar yang harus dilakukan, jika Anda tidak memiliki dana sebanyak itu.

Kendati demikian, masih ada beberapa opsi staking ETH bagi para investor, yang bisa mereka sesuaikan dengan jumlah dananya.

Ada Isu Sentralisasi Staking ETH

Terlepas dari booming yang dihasilkan oleh The Merge, ada banyak keraguan yang muncul, terutama tentang kemungkinan sentralisasi jaringan secara ekstrem.

Sebagaimana yang BeInCrypto laporkan, lebih dari 70% staked ETH dikendalikan oleh 6 pool. Sebanyak 31% dari staked ETH dipegang oleh Lido Finance, lalu 23% lainnya oleh Unlabelled. Kemudian, 30% staked ETH dijalankan oleh Coinbase, Kraken, dan Binance; berdasarkan data dari Nansen.

Sejumlah pakar juga menyinggung perihal hype seputar The Merge bisa jadi agak dibesar-besarkan, terutama dari sisi efeknya secara langsung.

“Terkait dampak [The Merge], dalam sejarah ekosistem kami ada dua peristiwa besar sejauh ini: kemunculan Bitcoin dan pengembangan Ethereum, jenis teknologi blockchain yang jauh lebih dapat diprogram dan ekspresif. Bagi saya, The Merge menempati urutan ketiga, menurut pendapat saya,” ujar salah satu co-founder Ethereum, Joseph Lubin.

Walau begitu, masih menjadi pertanyaan besar, apakah The Merge akan memenuhi ekspektasi anggota komunitas atau tidak. Hanya waktulah yang bisa menjawab pertanyaan itu kelak.

Reaksi Harga Ether (ETH)

Selama beberapa minggu terakhir, harga Ether (ETH), native token Ethereum, telah mencatatkan kenaikan yang cukup signifikan. ETH bahkan sempat menyentuh level US$2.000.

ETH mengawali minggu ini dengan diperdagangkan di kisaran US$1.760. Akan tetapi, di hari Selasa kemarin (13/9), ETH mengalami penurunan signifikan yang membuat harganya amblas ke titik US$1.571. Penurunan tersebut disinyalir merupakan imbas dari laporan inflasi Amerika Serikat baru-baru ini.

Pada saat publikasi, ETH sedang diperdagangkan di sekitaran US$1.613, menurut data dari CoinGecko.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Sampaikan pendapat Anda kepada kami. Jangan lupa follow akun Instagram Be[In]Crypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!