Bisnis  

Bitwise dan Fidelity Siap Manfaatkan Peluang di Sektor Web3 dan Ethereum lewat Produk ETF Terbarunya

Bitwise dan Fidelity Siap Manfaatkan Peluang di Sektor Web3 dan Ethereum lewat Produk ETF Terbarunya

cnbc-indonesia.com – Salah satu perusahaan manajemen index fund terbesar dunia, Bitwise, resmi meluncurkan ETF terbarunya yang berinvestasi di perusahaan-perusahaan sektor Web3. Di sisi lain, Fidelity juga mengumumkan fund baru yang bernama Ethereum Index Fund yang akan memungkinkan pengguna untuk berinvestasi di Ethereum.

Sesuai dengan siaran pers yang terbit pada 4 Oktober lalu, manajemen index fund kripto Bitwise telah resmi meluncurkan exchange traded fund (ETF) baru yang berfokus pada sektor Web3. ETF Web3 Bitwise memiliki ticker BWEB dan akan berinvestasi di hampir 40 perusahaan berbeda yang aktif di segmen pasar yang berkembang pesat tersebut.

Siaran pers itu juga menyatakan bahwa terdapat lebih dari 85% dari total portofolio tersebut yang akan mereka investasikan di perusahaan “yang terkait langsung dengan tema Web3 dan aktivitas bisnis”.

CEO Bitwise Hunter Horsley mengatakan bahwa internet sedang mengalami transformasi sebagai akibat dari teknologi Web3. Sehubungan dengan itu, ia juga menawarkan kesempatan kepada para investornya untuk memasuki sektor tersebut.

“Perusahaan Web3 saat ini tidak hanya membantu mentransformasi internet seperti yang kita kenal [sebelumnya], tetapi mereka juga termasuk di antara beberapa perusahaan yang paling disruptif dan berkembang pesat di dunia. ETF Web3 Bitwise berusaha memanfaatkan peluang besar ini dengan menawarkan investornya inovasi cara langsung untuk memasuki sektor tersebut.”

Dalam memilih perusahaan mana yang akan mereka investasikan, ETF berfokus pada lima tema. Kelima tema tersebut, antara lain: penyedia infrastruktur web3, keuangan web3, dunia metaverse dan digital yang mendukung web3, ekonomi kreator yang mendukung web3, serta pengembangan dan tata kelola web3. Selain tersedia untuk investor ritel dan institusi, menariknya lagi fund tersebut tidak memiliki persyaratan investasi minimum.

Fidelity Rilis Ethereum Fund

Di sisi lain, Fidelity Investments juga telah meluncurkan produk investasi terbarunya yang bernama Ethereum Index Fund yang akan memungkinkan kliennya berinvestasi di Ethereum (ETH). Investasi minimum untuk fund ini adalah senilai US$50.000, dan hanya tersedia untuk investor yang sudah terakreditasi.

Setelah baru-baru ini meluncurkan Fidelity Metaverse ETF, Fidelity juga memberi kesempatan bagi para investor untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan Web3. Selain itu, beberapa perusahaan investasi juga memperluas penawaran mereka ke sektor ini. Siapa sangka, keputusan tersebut akhirnya benar-benar membawa kesuksesan luar biasa.

Kemudian, terdapat beberapa laporan yang mengabarkan bahwa Fidelity akan segera menyediakan layanan perdagangan kripto kepada investor ritel. Di samping itu, CEO Galaxy Digital, Mike Novogratz, juga memberikan isyarat bahwa layanan ini kemungkinan akan tersedia dalam waktu dekat ini.

Pasar ETF Tumbuh Semakin Pesat dari Minggu ke Minggu

Akhir-akhir ini, pasar ETF telah disibukkan dengan banyaknya perusahaan yang meluncurkan ETF baru ataupun mengajukan proposal. Dan salah satu terobosan paling signifikan adalah peluncuran Blockchain ETF oleh perusahaan manajemen aset terbesar di dunia, BlackRock.

Namun, sayangnya, lagi-lagi SEC memilih untuk menunda keputusan untuk ETF bitcoin spot Bitwise. Keputusan seperti itu faktanya bukanlah hal baru. Pasalnya, SEC sudah sering melakukannya terhadap ETF spot lainnya. Pada awal tahun ini saja, SEC juga memutuskan untuk tidak memberikan izin kepada Wise Origin Bitcoin Trust Fidelity.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Sampaikan pendapat Anda kepada kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!