Bisnis  

Alex Mashinsky Ternyata Sempat Tarik US$10 Juta sebelum Celsius Alami Kebangkrutan

Alex Mashinsky Ternyata Sempat Tarik US Juta sebelum Celsius Alami Kebangkrutan

cnbc-indonesia.com – Alex Mashinsky, founder & mantan CEO Celsius Network, dikabarkan menarik dana sekitar US$10 juta dari perusahaan yang didirikannya. Penarikan tersebut ia lakukan hanya beberapa minggu sebelum crypto lending platform itu mulai membekukan kemampuan pelanggan untuk menarik dana atau asetnya.

Berdasarkan laporan Financial Times pada hari Minggu (2/10), mengutip orang-orang yang mengetahui masalah ini, sang mantan CEO Celsius melakukan penarikan dana dalam bentuk kripto. Mashinsky memutuskan untuk melakukan penarikan dana pada bulan Mei lalu, dengan alasan para pelanggan mulai menarik aset mereka dalam jumlah besar. Aksi ini muncul setelah dipicu ketakutan oleh turbulensi yang lebih luas di market kripto dan kekhawatiran tentang kesehatan keuangan Celsius.

Sebagai pengingat, Celsius mulai membekukan penarikan aset atau dana pelanggan sejak 12 Juni 2022. Hal tersebut membuat ratusan ribu investor ritel tidak dapat mencairkan hak yang memang milik mereka. Celsius lantas mengajukan kebangkrutan pada 13 Juli lalu, dengan “lubang” dalam neraca senilai US$1,2 miliar.

Celsius didirikan pada tahun 2017 dan pada akhir tahun 2021 diperkirakan memiliki valuasi perusahaan mencapai US$3 miliar. Bisnis Celsius disebut mencapai puncaknya pada tahun 2021. Senilai US$25 miliar aset kripto disimpan oleh para pelanggan yang tertarik dengan suku bunga besar yang ditawarkan oleh Celsius, hingga mencapai setinggi 18% pada aset kripto tertentu.

Pada 7 September lalu, Departemen Peraturan Keuangan negara bagian Vermont menuduh Celsius menjalankan skema seperti ponzi dan dana para pelanggan tidak aman, meskipun perusahaan itu membuat klaim sebaliknya.

Apakah Alex Mashinsky Tahu Kapan Celsius Akan Alami Krisis?

Adanya kabar bahwa Alex Mashinsky sempat menarik dana dari Celsius diperkirakan akan mengintensifkan pengawasan kepadanya. Sebagaimana BeInCrypto laporkan, pada 27 September lalu, Mashinsky mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Celsius Network.

Aksi yang dilakukan Mashinsky ini akhirnya menimbulkan pertanyaan tentang kapan dia tahu bahwa Celsius tidak akan dapat mengembalikan seluruh aset pelanggan mereka.

Di samping itu, rincian transaksi Alex Mashinsky ini disebut akan diajukan ke pengadilan oleh Celsius dalam beberapa hari mendatang. Pihak Celsius mengambil langkah tersebut sebagai bagian dari pengungkapan yang lebih luas oleh Celsius tentang urusan keuangannya.

Terkait hal ini, Alex Mashinsky disebut akan menghadapi momen dipaksa untuk mengembalikan US$10 juta yang dia tarik dari Celsius. Di bawah undang-undang di AS, pembayaran yang dilakukan suatu perusahaan dalam 90 hari sebelum kebangkrutannya dapat ditarik kembali untuk kepentingan semua kreditur.

Konon, penarikan ini telah direncanakan sebelumnya dan dikaitkan dengan perencanaan warisan Alex Mashinsky. Menurut pihak yang mengetahui persoalan ini, sekitar US$8 juta yang ditarik Alex Mashinsky digunakan untuk menutupi pajak yang timbul dari pendapatan yang dihasilkan oleh asetnya di Celsius. Sementara sisa US$2 juta adalah native token Celsius, yaitu CEL.

Mengaku Masih Miliki Aset Kripto US$44 Juta di Celsius

Seorang juru bicara Alex Mashinsky mengatakan bahwa kliennya dan keluarganya masih memiliki aset kripto senilai US$44 juta yang dibekukan di Celsius, bahkan setelah sang klien melakukan penarikan. Kepemilikan itu dia ungkapkan secara sukarela kepada komite kreditur tanpa jaminan (UCC) dalam proses kebangkrutan.

“Pada pertengahan hingga akhir Mei 2022, Alex Mashinsky menarik persentase kripto dari akunnya, yang sebagian besar digunakan untuk membayar pajak negara bagian dan federal. Dalam 9 bulan menjelan penarikan itu, dia secara konsisten menyetor kripto dalam jumlah yang totalnya dia tarik pada bulan Mei,” kata juru bicara Alex Mashinsky.

Dalam surat pengunduran dirinya, Alex Mashinsky berjanji akan terus berkomitmen untuk bekerja dan menyatukan komunitas di sekitar rencana pemulihan Celsius. Menurut klaimnya, rencana pemulihan itu akan memaksimalkan kripto dan likuiditas untuk semua pihak. Alex Mashinsky adalah pemegang saham terbesar di Celsius dan mengaku bahwa dia adalah salah satu kreditur terbesar.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Sampaikan pendapat Anda kepada kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!