Bisnis Berjalan Lancar dengan Aplikasi Invoice Online, Berikut Caranya

Bisnis Berjalan Lancar dengan Aplikasi Invoice Online, Berikut Caranya

loading…

Ilustrasi Invoice. (Dok: Sindonews.com)

JAKARTA – Ketika Anda bertransaksi dengan nilai yang cukup besar biasanya, baik Anda maupun pelanggan sama-sama membutuhkan invoice. Hal ini untuk menghindari kekeliruan dalam menyebutkan nominal dan nama produk. Selain itu, juga berfungsi sebagai arsip ketika dibutuhkan untuk audit. Maka dari itu, invoice tagihan penting bagi bisnis.

Invoice juga digunakan untuk mencatat laba rugi suatu perusahaan bisnis. Sebab, sering kali jika tidak dicatat, pebisnis akan kesulitan untuk memproduksi barang. Hal ini untuk mengetahui apakah barang tersebut menghasilkan profit atau justru sebaliknya.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara detail mengenai pengertian, fungsi, dan jenis-jenis invoice. Harap disimak baik-baik, ya.

Pengertian Invoice
Invoice adalah semacam dokumen yang berisi daftar nama barang, jumlah pesanan, dan harga yang harus dibayar. Invoice tagihan sering digunakan sebagai dokumen untuk menagih pembayaran kepada pelanggan. Dokumen itu biasanya memiliki tenggat waktu tergantung kesepakatan antara pebisnis dengan pelanggan.

Invoice tagihan biasanya terdiri dari tiga lembar. Satu untuk pembeli, kedua untuk lembar penagihan, ketiga untuk catatan yang dimasukkan dalam faktur. Tidak ada contoh yang baku bagaimana isi dari invoice tagihan. Namun, biasanya terdiri dari sebagai berikut:

– Nama pelanggan
– Nama pebisnis
– Nomor invoice tagihan
– Daftar produk yang dibeli
– Biaya pengiriman (jika ada)
– Diskon (jika ada)
– Sistem pembayaran

Yang perlu Anda perhatikan adalah invoice tagihan berbeda dengan kuitansi. Jika kuitansi adalah tanda jadi diberikan setelah pembayaran dilakukan, invoice tagihan sebaliknya. Dokumen tiga lembar tersebut diserahkan ketika pelanggan selesai memesan.

Jenis-jenis Invoice
Ada tiga jenis invoice tagihan yang biasa digunakan oleh perusahaan bisnis baik kecil maupun menengah.

Invoice Konsuler
Invoice ini biasa digunakan untuk kebutuhan jual beli antar negara. Baik pebisnis maupun pelanggan membutuhkan invoice ini agar memudahkan untuk pelacakan. Misal, bagaimana pembayaran akan dilakukan. Juga, metode pembayaran apa yang akan disepakati.

Dokumen ini juga harus mendapat pengesahan dari baik negara asal maupun negara yang dituju. Sebab, jika tidak, produk bisnis Anda akan sulit tiba di negara yang dituju.

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Tinggalkan Balasan