Beberapa Hal yang Wajib Diperhatikan Orangtua Selama Usia Prasekolah, Pastikan Anak Dapat Asupan Nutrisi Tepat dan Seimbang

Beberapa Hal yang Wajib Diperhatikan Orangtua Selama Usia Prasekolah, Pastikan Anak Dapat Asupan Nutrisi Tepat dan Seimbang

JAKARTA, celebrities.id – Selama usia prasekolah antara tiga sampai lima tahun, berbagai persiapan mulai dilakukan orangtua. Salah satunya mempersiapkan anak untuk masuk sekolah. Adapun hari pertama sekolah merupakan salah satu momen penting bagi orangtua dan anak.

Orangtua tidak hanya menyiapkan berbagai kebutuhan sekolah, namun juga harus memperhatikan faktor kesiapan fisik dan psikologis si Kecil, agar siap dan semangat dalam menjalankan sekolah tatap muka setelah dua tahun melewati pandemi. Dalam menunjang kesiapan anak masuk sekolah, pemenuhan nutrisi seimbang sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK mengatakan nutrisi yang tepat dan seimbang merupakan dasar kesiapan fisik anak untuk menerima stimulasi dan pendidikan di sekolah. Selain itu, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh anak juga sangat penting diperhatikan agar anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan optimal di sekolah.

“Untuk itu, peran orangtua sangat penting dalam memastikan bahwa anak telah mendapat asupan nutrisi tepat dan seimbang dalam pola makan sehari-hari. Jangan hanya melihat dari porsi makanan yang dikonsumsi anak, tapi juga harus memperhatikan kualitas asupan nutrisinya,” kata dr. Dian dalam acara Persiapan Penting sebelum Anak Mulai Masuk Sekolah di Masa Kebiasaan Baru bersama SGM Eksplor, Minggu (17/7/2022).

Selain memperhatikan menu makan sebagai salah satu sumber nutrisi penting yang dibutuhkan mendukung kesehatan serta tumbuh kembang anak, susu pertumbuhan bisa menjadi pilihan para orangtua. Susu pertumbuhan diperlukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dan menujang berbagai aktivitasnya di sekolah. Sebab, asupan pada anak usia prasekolah yang tidak menyertakan susu sering kali tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, terutama terkait perkembangan kognitif anak.

“Orang tua harus bisa memastikan si Kecil mendapat energi yang cukup dari bahan makanan sumber yang kaya akan karbohidrat, protein dan lemak untuk mendukung aktivitas fisiknya di sekolah. Selain itu, mereka juga membutuhkan nutrisi seperti Omega 3 (DHA), Omega 6, Zat besi, dan Vitamin C yang dibutuhkan untuk menunjang perkembangan kognitifnya agar dapat mulai belajar dengan lebih baik dan menjaga daya tahan tubuhnya, agar tidak mudah terkena penyakit,” tuturnya.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.

Tinggalkan Balasan