Bisnis  

Apa Itu NFT Marketplace? Definisi dan Jenis-jenisnya

Apa Itu NFT Marketplace? Definisi dan Jenis-jenisnya

cnbc-indonesia.com – Mari mengenal apa itu NFT marketplace, jenis-jenisnya hingga teknologi yang digunakan, termasuk cara membuat NFT sendiri di toko digital itu.

Mungkin beberapa dari kita telah mendengar istilah “NFT”. Mungkin juga beberapa orang pernah mendengar tentang seni digital yang terjual dengan harga miliaran rupiah dan bertanya-tanya bagaimana hal itu bisa terjadi.

Apa Itu NFT?

NFT atau Non-Fungible Token adalah bentuk aset digital yang unik dan tidak dapat digantikan.

Setiap NFT memiliki informasi atau data tertentu yang membuatnya tidak bisa digantikan dengan NFT lainnya, sekalipun tampak serupa.

Misalnya, dua tiket konser mungkin tampak sama, tetapi masing-masing memiliki informasi spesifik seperti baris dan nomor kursi yang membedakannya.

NFT beroperasi di atas teknologi blockchain, serupa dengan cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum.

Namun, berbeda dengan Bitcoin yang bisa dipertukarkan satu sama lain, setiap NFT adalah satu-satunya dalam jenisnya alias unik.

Daftar Beberapa NFT Terkenal dan Mahal

Di dunia NFT, berbagai jenis aset telah menjadi NFT yang terkenal dan mahal. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. “Everydays: The First 5000 Days” oleh Beeple: Seni digital ini dijual seharga US$69 juta di Christie’s, sebuah rumah lelang terkenal.
  2. Cryptopunk #7804: Salah satu dari 10.000 karakter pixel art yang unik ini dijual seharga US$7,6 juta.
  3. “Crossroads” oleh Beeple: Karya seni ini dijual seharga US$6,6 juta.

Apa Itu NFT Marketplace alias Toko NFT?

Lalu, apa itu NFT marketplace? NFT marketplace adalah online platform tempat orang dapat menerbitkan, membeli, dan menjual NFT.

Beberapa NFT marketplace yang popular di antaranya OpenSea, Rarible, dan NBA Top Shot. Di sini, berbagai jenis NFT, mulai dari seni digital hingga token yang mewakili kepemilikan aset fisik, dapat diperdagangkan.

Jenis-jenis NFT Marketplace

Ada beberapa jenis NFT marketplace yang berbeda berdasarkan jenis NFT yang mereka fokuskan:

  1. Seni Digital: OpenSea, Rarible, dan Foundation adalah beberapa marketplace yang memungkinkan pengguna membeli dan menjual karya seni digital sebagai NFT.
  2. Olahraga dan koleksi: NBA Top Shot dan Sorare memungkinkan pengguna membeli dan menjual klip video olahraga dan kartu koleksi sebagai NFT.
  3. Virtual Real Estate: Decentraland dan Cryptovoxels memungkinkan pengguna membeli dan menjual properti dalam dunia virtual sebagai NFT.

Teknologi yang Digunakan di NFT Marketplace

NFT marketplace memanfaatkan teknologi blockchain, yang adalah dasar dari semua transaksi NFT.

Blockchain adalah buku besar digital (digital ledger) yang mencatat semua transaksi dan bersifat transparan dan tidak dapat diubah. Teknologi ini memungkinkan setiap NFT dapat dilacak dan diverifikasi keasliannya.

Ethereum adalah blockchain yang paling umum digunakan untuk NFT karena dukungannya terhadap smart contracts, yang memungkinkan pembuatan token dengan atribut unik. Namun, ada juga blockchain lain seperti Binance Smart Chain dan Flow yang digunakan oleh beberapa NFT marketplace.

Cara Membuat NFT Sendiri di NFT Marketplace

Membuat NFT sendiri sebenarnya cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja dengan akses ke Internet. Berikut adalah langkah-langkah dasar dan umum untuk membuat NFT di OpenSea, salah satu NFT marketplace yang paling popular:

  1. Buat akun di OpenSea.
  2. Instal dompet digital seperti MetaMask dan isi dengan sedikit Ether (ETH), cryptocurrency yang digunakan di Ethereum. ETH ini digunakan untuk transaksi penerbitan NFT dan pembelian.
  3. Di OpenSea, klik “Create” dan ikuti petunjuk untuk meng-upload karya Anda dan mengubahnya menjadi NFT. Anda bisa menentukan harga, royalti, dan detail lainnya.
  4. Setelah selesai, NFT Anda akan dipublikasikan di OpenSea dan bisa dibeli oleh siapa saja di seluruh dunia.

Memahami dan memanfaatkan NFT dan NFT marketplace bisa menjadi cara yang menarik dan inovatif untuk berinteraksi dengan ekonomi digital saat ini. Dengan pengetahuan ini, Anda mungkin bisa menjadi bagian dari revolusi digital ini. Selamat mencoba! [ps]