Angka Pernikahan di Indonesia Menurun, Maraknya Kasus Perceraian Artis Penyebabnya?

Angka Pernikahan di Indonesia Menurun, Maraknya Kasus Perceraian Artis Penyebabnya?

cnbc-indonesia.com – Kasus perceraian kian marak terdengar. Tidak hanya dialami oleh kalangan orang biasa, pesohor tanah air pun turut merasakan kondisi serupa. Ada banyak faktor yang memengaruhi terjadinya perpisahan, di antaranya komunikasi yang buruk hingga perselingkuhan.

Baru-baru ini beberapa pasangan artis di Indonesia membuat publik terkejut. Tak pernah diterpa isu miring dan kerap memperlihatkan keharmonisan, beberapa pasangan artis memutuskan berpisah, termasuk Ari Wibowo-Inge Anugrah dan Desta-Natasha Rizky.

Nama artis lainnya juga sempat menggemparkan publik lantaran isu perselingkuhan, yakni Virgoun ‘Last Child’, Fandy Christian, dan Christian Sugiono. Sontak hal itu pun menjadi perhatian publik.

Usai marakanya pemberitaan perselingkuhan hingga perceraian kalangan artis , sejumlah wanita menuliskan keresahan mereka tentang keputusan yang terburu-buru untuk melepas masa lajang hingga rasa takut untuk menikah.

Bermula dari Ari Wibowo terus Christian Sugiono, Fandy Christian terus sekarang Desta.. cewek cewek tolong jangan buru-buru mikirin nikah..,” kata pemilik akun @IIK***.

Dari mulai Ari Wibowo, Virgoun, Bambang, sekarang Desta lantas cowok mana yang gue bisa percaya?,” tulis @Mif***.

Virgoun selingkuh, Christian selingkuh, Fandy C selingkuh, jadi makin takut sama yang namanya NIKAH,” ucap @sin***.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik melalui jurnal Statistik Indonesia 2023, jumlah pernikahan pada tahun 2022 mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya, yakni dalam tiga tahun terakhir.

Menurut laporan Statistik Indonesia, sepanjang tahun 2022 tercatat ada 1.705.348 pernikahan terjadi di tanah air. Jumlah tersebut mengalami penurunan 2,1 persen dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 1.742.049 pernikahan .

Berdasarkan wilayahnya, Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang menggelar pernikahan terbanyak sepanjang tahun 2022 yang mencapai 336.912 pernikahan atau 19,75 persen dari angka pernikahan keseluruhan di Indonesia.

Sedangkan angka pernikahan terendah nasional pada tahun 2022 berada di Provinsi Papua Barat dengan 2.499 pernikahan atau 0,14% dari total pernikahan nasional. Berdasarkan hasil pengamatan statistik tersebut terlihat jelas bahwa minat pasangan untuk melangsungkan pernikahan terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Meski demikian, isu perceraian artis tidak bisa dianggap sebagai penyebab angka pernikahan di Indonesia menurun beberapa tahun terakhir.***