Ajaib! 37 Tahun Jadi Pelatih, Gheorghe Multescu Sudah Melatih 40 Klub!

Ajaib! 37 Tahun Jadi Pelatih, Gheorghe Multescu Sudah Melatih 40 Klub!

Jakarta: Seorang pelatih sepak bola bernama Gheorghe Multescu memiliki cerita unik dalam karier kepelatihannya. Dalam 37 tahun karier sebagai pelatih, ia sudah melatih 40 klub! Kok bisa?
 
Gheorge Multescu, pelatih yang saat ini sudah berusia 70 tahun mengawali karier kepelatihannya pada 1985. Ia melatih salah satu klub tertua di Rumania, Jiul Petrosani dan menghabiskan dua musim di sana.
 
Cerita unik soal karier kepelatihan Gheorge Multescu Multescu baru dimulai pada tahun 1990, saat ia kembali melatih setelah tiga tahun vakum. Dia direkrut oleh klub yang pernah diperkuatnya semasa jadi pemain, Dinamo Bucharest, dan setelah itu ia selalu melatih klub berbeda setiap tahunnya. Bahkan, ada yang tidak sampai satu musim.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir Daily Star, Gheorghe Multescu bahkan telah dipekerjakan oleh Dinamo Bucharest tidak kurang dari lima kali, tetapi masih belum berhasil menyelesaikan musim penuh dengan raksasa Rumania itu.
 
Terakhir, ia dikontrak oleh Dinamo Bucharest menjelang akhir musim 2020 — 2021, tetapi dibebaskan dari tugasnya setelah membantu klub bertahan di Liga I, kompetisi teratas Liga Rumania.
 
Selama 37 tahun karier kepelatihannya, Gheorghe Multescu tercatat sudah melatih 40 klub, yang kebanyakan berasal dari Rumania. Umumnya, klub-klub tersebut merekrutnya saat berada dalam posisi sulit.
 
Hal inilah yang kemudian membuat Gheorghe Multescu mendapat julukan Smurdul, atau berarti layanan darurat Rumania. Julukan itu diberikan karena Multescu kerap membantu klub-klub yang dilatihnya terhindar dari degradasi.
 
Dalam portfolionya yang cukup panjang di laman wikipedia –mengalahkan William Shakespeare– Gheorghe Multescu pernah juga melatih klub lebih dari satu musim, yakni bersama klub Turki dengan Samsunspor. Ia empat tahun (1993-1997) melatih di sana dan sukses menyumbangkan dua trofi Liga Turki dan satu Piala Balkan.
 
Saat ini, Gheorghe Multescu belum terikat kontrak dengan klub manapun. Hmm… mungkin tawaran job melatih baru akan ramai mendatanginya nanti menjelang kompetisi berakhir, dari klub yang ingin terhindar dari jerat degradasi.

 

(ASM)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan