Ada Potensi Ekonomi, Kawasan Indonesia Timur Dilirik Investor


Ada Potensi Ekonomi, Kawasan Indonesia Timur Dilirik Investor - GenPI.co
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Teguh Dartanto (kiri) dalam webinar “Dampak Realisasi Investasi Semester I 2022 terhadap Perekonomian Nasional dan Daerah” yang dipantau di Jakarta, Jumat. (ANTARA/Youtube Kementerian Inves

GenPI.co – Kawasan Indonesia timur menjadi magnet baru tujuan investasi asing atau penanaman modal asing (PMA).

Hal itu merujuk pada capaian realisasi investasi di luar Pulau Jawa pada Semester I-2022 yang lebih unggul dari Pulau Jawa dengan kontribusi sebesar Rp 305,8 triliun atau 52,3 persen dari total investasi.

Adapun investasi di Pulau Jawa pada periode yang sama mencapai Rp278,8 triliun atau sebesar 47,7 persen dari total investasi.

BACA JUGA:  Menko Airlangga Tawarkan Jepang Investasi KEK Kesehatan di Bali

“Artinya ada pergeseran yang menunjukkan bahwa daerah-daerah lain potensinya sudah dilirik oleh investor. Ada potensi ekonominya,” kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Teguh Dartanto di Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Teguh menilai kawasan Maluku, Papua, dan Sulawesi memang menarik bagi PMA, khususnya terkait hilirisasi.

BACA JUGA:  Baru Mau Mencoba Investasi Tapi Bingung, Apakah Ada Tipsnya?

“Proses hilirisasi yang digalakkan pemerintah telah mengubah Indonesia yang sebelumnya hanya mengekspor barang mentah kini bisa memprosesnya di dalam negeri sehingga bernilai tambah,” jelasnya.

Dia mengingatkan potensi di kawasan tersebut harus dibarengi dengan penyediaan SDM unggul serta jaringan rantai pasok agar manfaat investasi bisa dirasakan oleh masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Korsel Dukung Proyek IKN Nusantara, Investasi USD 6,37 Miliar

“Kalau ini tidak dimanfaatkan, nanti pemda tidak bisa mengoptimalkan dampak ekonominya sehingga bisa jadi nanti ada PMA di Indonesia timur, tapi yang support dari Jawa juga,’ tuturnya. (antara)

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.

Tinggalkan Balasan