Vaksin Merah Putih Diberi Nama Merek Inavac

Surabaya: Presiden Joko Widodo resmi memberi nama vaksin Merah Putih yang dikembangkan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya bersama PT Biotis Pharmaceutical Inavac. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, bersyukur dan bangga Indonesia akhirnya resmi memiliki vaksin karya putra bangsa sendiri.
 
“Jadi vaksin yang dulu  dikenal vaksin Merah Putih yang dikembangkan Unair dan PT Biotis sekarang sudah resmi menjadi Inavac. Alhamdulillah, Indonesia harus berbangga dapat menghasilkan vaksin sendiri. Kita bersyukur alhamdulillah, apalagi ini inisiatornya adalah para ilmuwan Unair Surabaya,” kata Khofifah, di Surabaya, Senin, 29 Agustus 2022.
 
Khofifah mengatakan vaksin dengan platform inactivated virus tersebut, diperkirakan mampu memberikan efikasi dengan persentase yang tinggi dalam melawan berbagai varian virus korona di Indonesia.
 

Kata Khofifah, vaksin Merah Putih akan selesai uji coba pada akhir September 2022, serta mendapat izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) sesuai standar internasional oleh otoritas Food and Drug Administration (FDA).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Insyaallah segera memproduksi vaksin sendiri, setelah izin BPOM RI keluar. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena efikasi produk dalam negeri ini tidak kalah saing dengan vaksin dari negara-negara lain. Insyaallah, nanti efikasinya akan sangat baik. Prosesnya panjang dengan prosedur panjang pula,” katanya.
 
Khofifah meminta masyarakat mengungkapkan kebanggaannya dengan ikut menggaungkan keberhasilan Indonesia menciptakan vaksin. Ia mengajak mereka untuk dapat memanfaatkan platform media sosial dengan meramaikan hashtag #Inavac4Indonesia dan #thanksjokowi.
 
“Mari kita gaungkan bersama kepada dunia bahwa Indonesia sudah memiliki vaksin sendiri hasil karya anak bangsa dengan meramaikan tagar #inavac4Indonesia dan #thanksjokowi,” ujarnya. 
 
Selain Inavac, Indonesia juga bersiap menyambut Indovac yang dulunya disebut Vaksin BUMN buatan PT Bio Farma. Vaksin ini merupakan hasil kolaborasi dengan Baylor College of Medicine, Amerika Serikat. 
 
Baik Inavac maupun Indovac disebut mampu menangani berbagai varian covid-19 . Vaksin tersebut juga aman digunakan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak sebagai dosis primer maupun booster. 
 

(WHS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan