9 Macam Kecerdasan Majemuk dan Cara Mengembangkannya, Orangtua Wajib Paham

9 Macam Kecerdasan Majemuk dan Cara Mengembangkannya, Orangtua Wajib Paham

JAKARTA, celebrities.id – Pakar psikologi dari Amerika Serikat, Howard Gardner, Ph.D mengatakan kecerdasan anak bukan sekadar kemampuan untuk mengenal angka dan cakap berhitung. Kecerdasan mencakup banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Setidaknya ada sembilan bentuk kecerdasan menurut Horward Gardner atau lebih dikenal sebagai kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Sembilan kecerdasan majemuk tersebut berupa kecerdasan musikal, naturalis, linguistik, interpersonal, intrapersonal, visual spasial, logika matematika, kinestetik, dan moral.

Oleh sebab itu, orangtua tidak dapat hanya mengandalkan nilai rapor untuk mengetahui kecerdasan anak. Ketika anak tidak menunjukkan kemampuan mengagumkan dalam pelajaran berhitung, misalnya, bisa jadi dia memiliki kecerdasan lebih tinggi di aspek lain. Intinya, jangan sampai makna kecerdasan menjadi terbatas. Sebab pada kenyataannya, dalam diri anak bisa sangat banyak potensi yang bisa dikembangkan.

Berikut adalah macam-macam kecerdasan majemuk pada anak serta cara untuk mengembangkannya:

1. Kecerdasan Bahasa

Kecerdasan bahasa meliputi kemampuan untuk mengolah kata, tata bahasa, serta menuangkan informasi dan ide menggunakan tulisan. Anak yang memiliki kecerdasan bahasa atau lingustik ini tampak kuat dalam hal mengingat kata-kata, mudah bercerita meski kalimat yang diucapkan belum jelas, maupun suka membaca buku.

Untuk mengembangkan kecerdasan bahasa anak, orangtua dapat mengajaknya bernyanyi, sering mengajak anak mengobrol, dan sering bermain kata. Selain itu, orangtua juga bisa merangsang kemampuan bahasa anak dengan membaca cerita dongeng bersama.

2. Kecerdasan Logika Matematika

Kecerdasan logika matematika meliputi kemampuan berpikir logis, memahami sebab akibat, suka teka-teki, serta ketertarikan terhadap angka. Kecerdasan majemuk ini dapat ditunjukkan dengan ketertarikan si Kecil pada analisis masalah angka. Nah, untuk merangsang kecerdasan tipe ini, orangtua dapat mengenalkan konsep angka dan berhitung sedini mungkin, mengajak anak melakukan permainan strategi, serta melakukan percobaan ilmiah sederhana.

3. Kecerdasan Visual dan Spasial

Kecerdasan majemuk lainnya adalah kecerdasan visual dan spasial. Kecerdasan tipe ini meliputi kemampuan mengenali objek dan bentuk, pola, posisi, mudah membaca peta dan denah, serta mampu berpikir secara kreatif. Anak yang memiliki kecerdasan ini mudah untuk mengingat gambar, wajah seseorang, gerakan yang dilihat, pola, maupun tekstur.

Cara mengembangkan kecerdasan visual dan spasial pada anak adalah dengan mengajaknya menggambar, membuat karya, membangun dari balok, menyusun puzzle, mengajarkan arah serta berbagai bentuk motif.

4. Kecerdasan Kinestetik (Gerakan)

Kecerdasan kinestetik meliputi kemampuan koordinasi gerak tubuh yang baik dan sangat menikmati kegiatan fisik. Anak yang memiliki kecerdasan ini senang melakukan berbagai aktivitas fisik, misalnya saja olahraga, berlari, menari, bermain sepeda. Mereka jarang menyukai aktivitas yang hanya duduk diam.

Untuk mengembangkan kecerdasan majemuk kinestetik, orangtua bisa mengajak si Kecil melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berlari, menari, berlatih keseimbangan tubuh, dan menirukan berbagai gerakan tubuh seperti pantomim.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.

Tinggalkan Balasan