5 Transfer Termahal di Dunia untuk Pemain di Atas Usia 30 Tahun

5 Transfer Termahal di Dunia untuk Pemain di Atas Usia 30 Tahun

Jakarta: Bursa transfer pemain biasanya kerap menghadirkan banyak kejutan. Mulai dari pecahnya rekor termahal di dunia, hingga kepindahan pemain berlabel bintang.
 
Hingga saat ini, kejutan terbesar yang terjadi di dunia sepak bola adalah kepindahan Neymar Jr ke Paris Saint Germain (PSG) pada musim panas 2017 — 2018. Saat itu, Neymar mencatatkan rekor sebagai pemain termahal di dunia setelah PSG membayar 222 juta euro (Rp3,3 triliun) ke Barcelona untuk menebus pemain asal Brasil tersebut.
 
Kepindahan Neymar ke PSG kala itu banyak menimbulkan pertanyaan. Apakah ia pantas dihargai semahal itu? Jika ukurannya performa dan usia, Neymar rasanya pantas dihargai semahal itu. Saat gabung PSG, Neymar tengah berada dalam performa puncak dan masih di usia emas seorang pesepak bola, yakni 25 tahun.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang sedikit mengejutkan adalah ketika sebuah klub rela mengeluarkan banyak uang untuk merekrut pemain yang sudah melewati usia emasnya. Dalam era sepak bola modern, pemain yang usianya di atas 30 tahun biasanya dianggap sudah melewati usia emasnya. Imbasnya, harga pasaran mereka pun mulai menurun.
 
Namun, berbeda dengan pemain-pemain di bawah ini. Mereka tetap memiliki nilai jual tinggi meski secara usia sudah tidak muda lagi.
 
Berikut 5 transfer termahal di dunia untuk pemain di atas 30 tahun:

5. Leonardo Bonucci – 42 Juta euro

Dari Juventus ke AC Milan (2017 — 2018)
 
Leonardo Bonucci telah bermain untuk sejumlah klub Italia dalam karir domestiknya. Dia adalah salah satu bek tengah terbaik di era modern dan telah memenangkan sembilan gelar Serie A sejauh ini. Setelah bertugas di Inter Milan, Treviso, Piso dan Bari, Bonucci bergabung dengan Juventus pada 2010.
 
Bersama Si Nyonya Tua, Bonucci mencapai puncak kariernya. Dia memenangkan enam gelar Serie A berturut-turut antara 2012 hingga 2017. Namun pada musim panas 2017, Bonucci yang berusia 30 tahun membuat langkah mengejutkan. Ia memutuskan bergabung dengan klub rival, AC Milan dengan biaya transfer 42 juta euro (Rp641 miliar). Dengan demikian, dia menjadi rekrutan termahal Rossoneri sepanjang masa.
 
Sayangnya, Bonucci bergabung dengan Milan pada waktu yang kurang tepat. Dia gagal mengangkat performa Rossoneri yang saat itu memang tidak punya skuat mumpuni untuk bersaing. Bonucci akhirnya hanya bertahan semusim dan kembali lagi ke Juventus dengan kesepakatan pertukaran yang melibatkan Mattia Caldara.

4. Paulinho – 42 Juta euro

Dari Barcelona ke Guangzhou Evergrande (2018 — 2019)
 
Barcelona sempat membuat kejutan saat merekrut Paulinho dari klub China, Guangzhou Evergrande dengan biaya transfer sebesar 40 juta euro pada musim panas 2017 — 2018. Transfer itu banyak dikritik lantaran Paulinho bukan profil gelandang yang biasa kita kaitkan dengan Barcelona.
 

Tapi, Paulinho tampil cukup apik dalam tugas singkatnya bersama Barcelona. Pada musim pertamanya, ia mencetak sembilan gol dan memberikan tiga assist dalam 49 penampilan di semua kompetisi untuk tim Catalan. Pemain internasional Brasil itu dipuji karena memainkan peran kunci saat Barcelona memenangkan gelar ganda domestik (La Liga & Copa del Rey) musim itu.
 
Kendati tampil cukup apik, Paulinho justru dikembalikan ke Guangzhou Evergrande pada musim panas 2018 — 2019 dengan status pinjaman dengan opsi permanen. Pada tanggal 4 Januari 2019, klub raksasa China itu akhirnya mengaktifkan klausul pembelian secara permanen. Mereka merogoh kocek 42 juta euro (Rp641 miliar) untuk memboyong Paulinho yang saat itu berusia 30 tahun.

3. Robert Lewandowski – 45 juta euro

Dari Bayern Munich ke Barcelona (2022 — 2023)
 
Inilah transfer termahal untuk pemain di atas 30 tahun yang paling terkini. Pada 19 Juli 2022, Robert Lewandowski akhirnya resmi meninggalkan Bayern Munich dan bergabung ke Barcelona dengan mahar 45 juta euro (Rp686 miliar).
 
Meski sudah berusia 33 tahun, namun Lewandowski tetap dihargai tinggi. Hal ini tidak lepas dari performa gemilang yang masih ditunjukkan oleh pemain internasional Polandia itu.
 
Lewandowski datang ke Camp Nou dengan label topskorer Eropa dalam dua musim beruntun. Ia berhak atas trofi sepatu emas usai mengoleksi 35 gol di Bundesliga musim lalu.
 
Secara total, Lewy mengemas 50 gol untuk Bayern di semua kompetisi musim lalu. Hebatnya, jumlah gol itu dicapainya hanya dengan memainkan 46 pertandingan.

2. Miralem Pjanic – 60 juta euro

Dari Juventus ke Barcelona (2020 — 2021)
 
Barcelona menyegel kesepakatan pertukaran untuk Miralem Pjanic yang saat itu berusia 30 tahun pada musim panas 2020 yang melihat Arthur Melo pergi ke arah lain untuk bergabung dengan Juventus.
Kedua kesepakatan itu ditangani sebagai transaksi terpisah dan biaya transfer yang dikeluarkan Barca untuk pemain internasional Bosnia itu adalah 60 juta euro atau setara Rp915 miliar. (Kurs 1 euro = Rp15.265).
 
Sayangnya, pembelian ini bisa dibilang gagal. Di Camp Nou, Pjanic gagal memberikan kesan yang bagus untuk pelatih Barca saat itu, Ronald Koeman. Pjanic tidak masuk dalam pemain utama pilihan Koeman dan hanya mencatatkan enam pertandingan sebagai starter.
 
Gagal berkontribusi pada musim 2020 — 2021, Pjanic akhirnya dipinjamkan ke Besiktas pada musim lalu (2021 — 2022). Di Turki, Pjanic memainkan 20 laga tanpa mencetak satu pun gol.
 
Kini, jelang bergulirnya kompetisi musim 2022 — 2023, Pjanic akhirnya kembali ke Barcelona. Apakah Pjanic berhasil mendapatkan kepercayaan pelatih Xavi Hernandez, atau kembali dipinjamkan atau mungkin dilepas ke klub lain? Patut kita tunggu.

1. Cristiano Ronaldo – 117 juta euro

Dari Real Madrid ke Juventus (2018 — 2019)
 
Betul. Cristiano Ronaldo adalah orang yang mencatatkan rekor transfer pemain termahal dunia untuk pemain di atas 30 tahun. Hal itu terjadi pada musim panas 2018, saat ia memutuskan meninggalkan Real Madrid dan bergabung ke Juventus.
 
Ronaldo sudah berusia 33 tahun saat Real Madrid berhasil “memaksa” Juventus menggelontorkan dana 117 juta euro atau setara Rp1,7 triliun untuk memboyongnya ke Turin.
 
Sama seperti Lewandowski, saat meninggalkan Madrid, Ronaldo juga masih mampu menunjukkan tajinya sebagai penyerang yang mematikan. Pada musim terakhirnya di Madrid, ia mengoleksi 44 gol dari 44 laga dan membantu El Real menjuarai Liga Champions musim 2017 — 2018.
 
Bersama Juventus, Ronaldo masih mampu memberikan tuahnya. Pada dua musim pertamanya di Turin, ia sukses menyumbangkan dua trofi scudetto. Ia total mengoleksi 101 gol dari 134 laga bersama Juventus.
 
Pada musim lalu (2021 — 2022), Ronaldo memutuskan kembali ke Manchester United dengan mahar yang cukup murah, 15 juta euro. Sayang, kariernya pada periode keduanya di MU tidak berjalan lancar.
 
Meski tetap mampu tampil tajam dengan koleksi 18 gol, Ronaldo gagal mendongkrak performa MU yang gagal lolos ke Liga Champions musim 2022 — 2023. Dan menurut kabar terkini, ia sedang berupaya meminta kepada manajemen MU untuk melepasnya di bursa transfer musim panas ini. Wah, kali ini berapa yang kira-kira nilai transfer CR7?
 

(ASM)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan