5 Mobil Sport Honda Terbaik – Jenis, Spesifikasi, dan Harganya

Masing-masing orang tentu memiliki mobil impian yang berbeda-beda. Ada yang mendambakan city car atau bahkan mobil sport. Nah, buat kalian yang berencana membeli mobil sport, mobil sport Honda bisa menjadi salah satu pilihan.

Tidak seperti jenis mobil lain, mobil keluaran Honda jenis ini memiliki keunggulan tersendiri. Salah satu mobil sport keluaran Honda, yakni Honda Civic Type R. 

Sedikit informasi, Honda Civic Type R merupakan mobil sport pemegang rekor tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman, telah hadir di Indonesia.

Lantas, bagaimana spesifikasi dan harga Honda Civic Type R di Indonesia? Adakah mobil sport keluaran Honda selain Honda Civic Type R? Untuk mengetahuinya lebih detail, kamu bisa menyimak tulisan ini sampai selesai!

Daftar mobil sport Honda terbaik

Berikut daftar mobil mobil Honda sport terbaik di Indonesia saat ini.

1. New Honda Civic Type R

5 Mobil Sport Honda Terbaik – Jenis, Spesifikasi, dan Harganya
Gambar Honda Civic tipe R

Bagi para penggemar otomotif, kalian pasti tidak asing dengan Honda Civic. Ya, mobil sport Honda Civic ini memang tidak asing di Indonesia, karena telah hadir dan aktif diproduksi sejak 1972.

Honda juga tak henti mengembangkan Honda Civic agar bisa bersaing di industri otomotif. Sampai saat ini, Honda telah menghadirkan New Honda Civic Type R. 

Sejak diperkenalkan pertama kali pada Agustus 2017, mobil sport Honda Civic Type R akhirnya hadir dengan penyegaran pada Mei 2021. 

Menurut Bisnis.com, model terbaru Honda Civic Type R alias New Honda Civic Type R tampil dengan eksterior dan interior yang berbeda.

Seperti kalian tahu, salah satu mobil Honda terbaru ini merupakan varian mobil sport legendaris Honda yang terinspirasi dari mobil balap yang juga dapat dengan aman dan nyaman digunakan di jalanan kota. 

Honda juga memberikan beberapa pembaruan pada bagian sistem mobil sport New Honda Civic Type R yang memungkinkannya mendapatkan stabilitas serta daya tahan yang lebih baik dari sebelumnya.

Fitur New Honda Civic Type R

Mengenai fitur, mobil sport New Honda Civic Type R memang disebut memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan varian yang lainnya. 

Hal ini karena Honda ingin berfokus pada performanya sebagai mobil sport mewah. Mobil ini dilengkapi berbagai fitur canggih seperti Cruise Control, Tweeter speaker, audio steering switch, dan MID.

Namun, jika kita bicara soal fitur keselamatan dan keamanan, mobil ini memiliki fitur yang sangat lengkap. 

Sebagai fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dilengkapi dengan Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor parkir, Rearview Camera, Lane Watch, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Assist.

Sedangkan untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan Dual Front i-SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Child Safety Locks, dan Adjustable Seatbelts

Tidak hanya itu, untuk menjamin keamanan mobil, Honda Civic Type R ini juga dilengkapi dengan Alarm System dan Engine Immobilizer.

Performa

Performa yang tinggi memang merupakan daya tarik utama dari mobil sport Honda Civic Type R. Mobil ini dibekali dengan mesin yang jauh lebih bertenaga dibanding varian lainnya, mengingat mobil ini memang merupakan mobil sport.

New Honda Civic Type R hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White

Harga mobil sport Honda ada di kisaran Rp1,177 miliar. Sebagai informasi, harga yang tertera adalah harga on the road wilayah Jakarta untuk kepemilikan orang pertama tahun 2021.

2. Honda NSX

Gambar mobil sport Honda NSX
Gambar Honda NSX (Shutterstock)

Selain Honda Civic Type R, ada pula mobil lain yang dijual di pasar global. Beberapa mobil tersebut adalah mobil sport Honda NSX dan Honda NSX-R GT.

Bicara soal Honda sport terbaru NSX, generasi keduanya yang saat ini beredar di pasaran menjelma menjadi pesaing supercar Ferrari dan Lamborghini. Honda NSX generasi sebelumnya berusaha membidik pasar Porsche 911.

Mobil Honda NSX dibekali mesin tiga mesin hybrid, satu di belakang, satu di kiri, dan satu lagi di sisi kanan. Tak tanggung-tanggung, mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari JPY 24,2 juta atau sekitar Rp 3,155 miliar. 

3. Honda NSX-R GT

Gambar mobil sport Honda NSX-R
Gambar mobil Honda NSX-R (Sumber: situs resmi Honda)

Sementara itu, Honda NSX-R GT adalah Honda mobil sport spesial dengan jumlah unit terbatas dan dirilis pada Februari 2005 lalu. 

Edisi spesial mobil mewah Honda ini mendapatkan partisi khusus, seperti bumper depan untuk meningkatkan aerodinamika mobil dan air intakes besar di depan. Secara keseluruhan, ukuran mobil juga diperpanjang 180 mm dan lebih lebar 90 mm.

Lantas, berapa harga mobil sport Honda ini, ya? Berdasarkan berbagai sumber, mobil sport Honda 2 pintu NSX-R GT ini dijual mulai dari JPY 50 juta atau Rp6,193 miliar.

4. Honda CR-Z

Gambar mobil Honda CR-Z
Gambar mobil Honda CR-Z (Shutterstock)

Mobil sport terakhir yang bisa menjadi pilihan kamu adalah Honda CR-Z yang dijual dengan harga sekitar Rp500 jutaan. Ini bisa menjadi pilihan mobil Honda terbaik yang harganya tak semahal mobil-mobil di atas.

Mobil sport Honda ini memiliki dimensi panjang 4.075 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.395 mm. Bentuknya aerodinamis dan gagah dengan bumper belakang yang terkesan elegan.

Honda CR-Z dibekali dengan mesin SOHC 1.5L, 4 silinder segaris dengan 16 katup, i-VTEC, DWB, dan TBR. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 118 Hp pada putaran mesin 6.600 Rpm dan torsi maksimal sebesar 145 Nm.

Tak perlu khawatir soal bahan bakar karena mobil ini sudah dilengkapi dengan IMA (Integrated Motor Assist) yang membuatnya mampu menghasilkan performa maksimal namun tetap irit bahan bakar.

5. Honda S800

Gambar mobil Honda S800
Gambar Honda mobil sport S800

Honda sebenarnya telah lama berkecimpung di dunia mobil sport. Pada tahun 1965, Honda merilis Honda S800, sebuah mobil sport antik dengan bodi mungil. 

Honda S800 pertama kali diperkenalkan melalui ajang Tokyo Motor Show 1965, untuk menggantikan Honda S600. Sebagai penerus S600, Honda S800 juga tersedia dalam versi coupe maupun roadster.

Menurut situs resmi Honda Indonesia, S800 mengusung mesin S4 berkapasitas 791 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 70 hp (52 kW) pada 8000 rpm.

Mobil sport pertama Honda yang tembus 100 mph

Karenanya, S800 menjadi mobil pertama Honda yang mampu menembus top speed 100 mph (160 km/h), tetapi dengan konsumsi bahan bakar yang terhitung irit yaitu 6,7 liter/100 km.

Pada April 1967, Honda S800 digambarkan sebagai mobil produksi berkapasitas 1-liter tercepat di dunia berkat putaran mesinnya yang tinggi (hingga 10.000 rpm) dan sejarah Honda sebagai manufaktur mesin mobil bertenaga besar tapi dengan kapasitas kecil.

Masih di tahun yang sama, Honda S800 mulai dipasarkan di Inggris. Saat itu terdapat beberapa penyesuaian, yakni tata letak drive yang lebih konvensional dengan handling yang lebih mudah dan nyaman.

Pada Februari 1968, S800M (alias S800 MK2) diperkenalkan dengan berbagai update, mulai dari flush mount pegangan pintu bagian dalam, lampu penanda baru di sisi luar, rem dual-circuit, hingga penggunaan safety glass. Mobil Honda S800 diproduksi dan dijual hingga Mei 1970 dengan total penjualan 11.536 unit.

Demikianlah pembahasan mengenai mobil sport Indonesia yang berasal dari produsen otomotif Honda. Semoga bisa menambah referensi kamu mengenai dunia otomotif, ya.

Tips dari Lifepal! Apapun merek mobil sport yang kamu miliki, jangan lupa untuk melakukan servis rutin pada mobil kesayangan kamu, ya. Hal ini penting untuk memastikan performa dan fitur keselamatan berkendara tetap terjaga dengan baik.

Agar tidak membebani kamu secara finansial, gunakan asuransi mobil terbaik yang dapat mengcover biaya perbaikan dan perawatan di bengkel sehingga kamu bisa lebih fokus untuk menabung dan berinvestasi.

Berikan perlindungan pada mobil dengan asuransi

Jangan lupa berikan perlindungan pada kendaraanmu dengan asuransi mobil. Dengan begitu, kamu enggak perlu lagi khawatir dengan biaya perawatan dan perbaikan mobil di bengkel.

Asuransi mobil juga menawarkan jaminan ganti rugi mulai dari kerusakan hingga pencurian. Ada juga beberapa manfaat tambahan yang bisa kamu dapatkan dari asuransi mobil, berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Nah, kalau kamu bingung jenis asuransi mobil apa yang cocok untukmu, kamu bisa mengisi Kuis Asuransi Mobil berikut:

Untuk mengetahui kisaran premi asuransi mobil, kamu bisa mengisi Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut:

Pertanyaan seputar mobil sport Honda

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan