3 Penyebab Kanker Paru-Paru yang Sering Diremehkan, Bukan Rokok

GenPI.co – Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Banyak yang beranggapan penyakit ini disebabkan karena pengaruh nikotin pada aktivitas merokok. 

Menurut American Cancer Society penyebab kanker secara umum terjadi ketika proses pembentukan sel-sel baru terganggu. Zat karsinogenik, paparan sinar matahari, dan virus, bisa menyebabkan kerusakan sel DNA. 

Di bawah ini tersapat 3 penyebab kanker paru-paru yang jarang diketahui dilansir dari The Healthy Guide.

1. Gas radon

BACA JUGA:  Kerap Tak Sadar, Ini Dia Gejala Awal Kamu Kena Kanker Darah

Penyebab utama kanker paru pada kelompok non-perokok adalah gas radon. Gas ini secara alami ada di luar ruang dan tidak berbahaya.

Walau begitu, konsentrasi gas ini juga ditemukan pada rumah yang lapisan tanahnya memiliki deposit uranium. Karena gas radon tidak tercium atau terlihat, satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes.

2. Zat karsinogen

BACA JUGA:  Cara Sederhana Cegah Kanker Serviks Menurut Perawat RS Dharmais

Bagi sebagian orang, tempat kerja mereka menjadi sumber karsinogen (penyebab kanker), misalnya saja asbestos dan zat buangan diesel.

3. Polusi udara

Sejak lama penelitian telah memperingatkan bahaya polusi udara pada kanker. WHO bahkan mengategorikan polusi udara luar ruang sebagai penyebab kanker.

BACA JUGA:  Kanker Serviks Ancam Wanita Indonesia, Cari Tahu Penyebabnya

Sayangnya, makin hari tingkat polusi di kota besar semakin mengkhawatirkan.(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.

Tinggalkan Balasan